110 Penyebab Asam Urat Dan Obat Asam Urat Alami

Faktor penyebab asam urat ada bermacam-macam, oleh sebab itu bagi anda yang belum terserang penyakit asam urat, melakukan pencegahan adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Penyebab asam urat diantaranya adalah pola hidup yang tidak sehat dengan tidak mengatur pola makan. Bagi penderita penyakit asam urat sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin (protein tinggi). Bagi anda yang belum terserang penyakit asam urat, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung purin terlalu tinggi. Makanan yang banyak mengandung purin diantaranya adalah jeroan dan seafood.

Asam urat pada dasarnya adalah zat sisa hasil metabolisme tubuh dalam mengolah bahan makanan berbahan dasar purin (protein) seperti: daging, telur, seafood, hati sapi dan ayam serta makanan lain yang memiliki kandungan protein tinggi. Sisa metabolisme yang disebut asam urat tersebut akan menumpuk di persendian tulang sehingga menyebabkan rasa sakit pada sendi, peradangan sendi, hingga penumpukan pada organ ginjal yang mengakibatkan terjadinya batu ginjal.

Penyebab Asam Urat

Penyakit asam urat disebabkan karena adanya penumpukan kristal asam urat di persendian kita, yakni ruang antara 2 tulang atau bahkan di dalam tulang itu sendiri. Penyebab munculnya penyakit asam urat diantaranya adalah :

  • Terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung purin. Purin tersebut dapat berubah menjadi asam urat saat tubuh mengalami proses metabolisme.
  • Kondisi ginjal yang kurang baik. Saat ginjal tidak mampu membuang semua tumpukan asam urat dalam darah yang terlalu banyak karena zat purin tersebut.
  • Adanya kristal asam urat yang terlalu banyak menumpuk di dalam persendian, sehingga bisa menyebabkan rasa nyeri, membengkak, linu, kaku, panas dan juga meradang.

Makanan Pantangan Penderita Asam Urat

  • Jeroan sapi, kambing, ayam, telur ikan dll
  • Segala jenis seafood yang termasuk golongan kepiting, udang, kerang dan sejenisnya
  • Olahan daging seperti abon dan dendeng
  • Daging siap saji seperti sarden dan kornet
  • Makan dari unggas seperti bebek dan itik
  • Segala Jenis kacang-kacangan : Mete, kacang tanah, melinjo
  • Olahan berbahan dasar keju
  • Kue berbahan dasar mentega/margarin
  • Makanan bahan dasar daging seperti nuget, sosis, steak

Obat Asam Urat Tradisional

1. Menggunakan daun salam

Daun salam yang selama ini dikenal sebagai penyedap masakan ternyata mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik untuk mengobati asam urat. Resep pengobatan asam urat menggunakan daun salam : rebus 10 lembar daun salam menggunakan air sebanyak 700 cc. tambahkan juga setengah batang serai. Didihkan dan tunggu hingga airnya menjadi 200 cc. minum air rebusan tersebut secara rutin.

2. Menggunakan tempuyung

Tempuyung merupakan bahan alami yang banyak mengandung senyawa yang baik untuk membantu mengobati penyakit asam urat. Senyawa tersebut diantaranya adalah flavonois, manitol, alfa-lactocerol, inositol, kalium, ilica dan juga taraksasterol. Selain mampu mengobati asam urat, tempuyung juga mampu mengobati hipertensi dan juga wasir.

3. Menggunakan meniran dan tanaman kumis kucing

Meniran mengandung senyawa berupa damar, kalium, filantin, tanin, hipofilantin serta flavonoid yang sangat mujarab untuk mengobati penyakit asam urat. Sedangkan di dalam tanaman kumis kucing terkandung senyawa orthosiphonin glikosida yang bisa membantu membuang kandungan asam urat (penyebab asam urat) berlebih yang ada di dalam tubuh. Cara meramunya adalah : rebuslah 5 lembar daun tanaman kumis kucing dan juga 5 ranting meniran menggunakan tiga gelas air. Tunggu hingga mendidih dan airnya tersisa ½ nya saja. Minum air rebusan tersebut beberapa kali dalam sehari.

4. Menggunakan sambiloto

Cara meramunya adalah dengan merebus 30 gram tanaman sambiloto yang masih segar. Tambahkan juga sambiloto kering sebanyak 15 gram dan juga kunyit sebanyak 25 gram. Rebus menggunakan tiga gelas air. Didihkan dan tunggu sampai airnya tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali salam sehari.

Jagalah pola hidup kita agar terhindar dari serangan penyakit asam urat. Atur menu makan kita sebaik mungkin dan hindari makan makanan protein berlebih. Demikian informasi tentang Asam urat dan baca juga tentang Penyakit Jantung Koroner.

ranting meniran,gambar ranting meniran,gambar daun dan ranting meniran,gambar nuget kacang,kristal asam urat pada bayi,senyawa orthosiphonin glikosida,senyawa yang bisa menyebabkan penyakit asam urat,steak yang bisa memicu asam urat

Leave a Reply