141 Fungsi Teh Pahit Untuk Kesehatan

Fungsi Teh Pahit – Teh pahit adalah teh umum biasanya, tetapi dalam konsumsinya tak memakai pemanis hingga ketika meminumnya bakal membuahkan rasa pahit pada lidah. Teh adalah tanaman yang pertama kalinya diketemukan di Cina dengan nama latin Camellia sinensis. Camellia adalah nama latin dari seseorang pendeta kelahiran asal Ceko yang bernama Georg Joseph Kamel yang juga seseorang ahli botani atau misionaris. Sesungguhnya bukanlah Kamel sendiri yang menamai tanaman teh ini dengan namanya, namun seseorang taksonomi yang ilmunya digunakan hingga sekarang ini yang berikan nama teh dengan nama Kamel, yakni Carolus Linnaeus. Carolus Linnaeus yaitu seseorang taksonomi yang memberi nama teh dengan nama Kamel sebagai bentuk penghargaan untuk Kamel yang sudah berperan pada dunia sains. Sedang kata sinensis adalah nama latin satu negara yang bernama Cina, sebelumnya nama Kamel jadikan sebagai nama latin, teh mempunyai nama lama yakni seperti Thea sinensis, Thea bohea, serta Thea viridis.

Sisi tanaman yang jadikan minuman teh yaitu sisi daun pucuk tanaman teh. Tiap-tiap spesies mempunyai ketidaksamaan mendasar yang membedakannya, hal mendasar itu di ketahui berdasar pada tingkat oksidasi dari setiap type teh. Camellia sinensis termasuk juga kedalam genus Camellia serta masuk dalam famili Theaceae yang sama dengan spesies lain seperti teh oolong, teh hijau, teh putih, serta teh hitam. Diluar itu, ada type teh lain di mana teh itu tak memakai daun seperti teh umumnya yang bahan paling utama dalam teh itu adalah daun, teh itu bernama Kukicha yang mempunyai makna teh yang datang dari ranting tetapi sama dengan teh yang lain teh ini di ambil dari spesies yang sama yakni Camellia sinensis.

Teh Indonesia mempunyai kekhasan dari teh yang lain mekipun dengan negara aslinya Cina. Hal yang membedakan teh Indonesia dengan teh negara lain bisa diliat dari warna yang cantik dalam teh saat di seduh, warna cokelat kemerahan serta mempunyai aroma yang khas aroma yang membumi lantaran yang membedakan warna dan aroma yang khas itu diperoleh dari type tanah Indonesia dengan type tanah di negara lain yang tidak sama. Bahkan juga pencinta teh lebih suka pada teh dari Indonesia daripada dengan teh dari negara Cina lantaran minuman teh mempunyai kekentalan yang tidak sama. Pada teh Indonesia strukturnya lebih kental dari pada teh Cina yang lebih encer serta rasa pada teh Cina itu lebih enteng dari teh Indonesia.

Kandungan Teh Pahit

Kandungan kimia alami yang telah ada pada tanaman teh tersebut ada empat kelompok, yakni :

1. Kelompok Fenol

  • Katekin adalah senyawa metabolit sekunder yang termasuk juga dalam kelompok flovanoid yang dihasilkan dengan cara alami oleh tanaman.
  • Flavanol adalah senyawa seperti katekin tetapi mempunyai ketidaksamaan dari inti difenilpropan primer yang di dalamnya ada tingkatan oksidasi yang tidak sama.

2. Kelompok Bukanlah Fenol

  • Pektin adalah senyawa yang membuat aroma pada tanaman lewat sistem pengurai senyawa sebagai asam pektat serta metil alkohol.
  • Karbohidrat dalam teh mencakup senyawa sukrosa, glukosa, serta fruktosa yang terdapat sebesar 3-5% berat dari daun kering teh.
  • Protein serta asam amino yang bertindak utama dalam pembentukan aroma yang pada tanaman teh.
  • Alkaloid adalah senyawa yang bisa memberi karakter beri kesegaran pada seduhan teh yang dengan kandungan sekitaran 3-4% dari berat daun kering.
  • Klorofil serta zat warna yang lain jadikan teh memilki warna yang tidak sama dalam seduhannya dengan kandungan sekitaran 0, 019% dari berat kering daun.
  • Resin adalah senyawa yang bisa tingkatkan ketahanan daun pada embun beku yang kerap dimaksud dengan frost.
  • Asam organik adalah senyawa yang turut menolong dalam pembentukan aroma pada teh yang bereaksi dengan metil alkohol membuat senyawa ester dalam pembentukan aroma itu.
  • Vitamin yang terdapat dalam teh terdiri atas vitamin A, B1, B2, B3, B5, C, E, serta K.
  • Mineral yang terdapat dalam teh diantaranya K, Na, Ca, Zn, Cu, Se, Mn, F, serta Mg.

3. Senyawa Aromatis

Substansi aromatis dalam pembentukan aroma yang dengan cara alami telah ada pada daun seperti linalool, linalool oksida, metil salisilat, n-heksanal, cis-tiga-heksanol, benzil alkohol, serta geraniol.

4. Enzim-enzim

Enzim yang mempunyai manfaat dalam reaksi kimia pada daun teh yang dimaksud dengan biokatalisator. Enzim yang terdapat salah satunya β-glukosidase, oksimetilase, protease, peroksidase, invertase, serta amilase.

Ada banyak kandungan kimia alami yang ada dalam faedah teh pahit, juga bermanfaat untuk badan, diantaranya seperti berikut :

1. Menetralisir radikal bebas

Hal semacam itu bisa dibuktikan dalam riset yang dikerjakan oleh peneliti dari University of Kansas pada th. 2007 lantas dipresentasikan di satu instansi yang bernama American Chemical Society, di mana dalam presentasinya dinyatakan kalau dalam teh terdapat satu senyawa yang bernama katekin yng bertindak sebagai anti-oksidan. Katekin yang terdapat bisa menaklukkan vitamin C serta vitamin E lantaran katekin sendiri mempunyai kekuatan yang lebih efisien 100 kali dari vitamin C serta 25 kali lebih ampuh dari vitamin E.

2. Bisa mengikat logam

Dalam teh ada senyawa flavanol yang disebut satu diantara sekian banyak anti-oksidan yang ada yang mempunyai kekuatan dalam mengikat logam yang masuk ke pada badan lewat makanan atau minuman atau lewat yang lain.

3. Memperkuat dinding pembuluh darah kapiler

Hal semacam ini dipercaya lantaran dalam teh sendiri ada senyawa flavanol yang di ketahui mempunyai kesibukan pada badan yang bisa memperkuat dinding pembuluh darah kapiler serta bisa tingkatkan pengumpulan vitamin C yang masuk ke pada badan.

4. Turunkan kemelut serta memberi perasaan rileks

Penyebabnya teh bisa menentramkan serta bikin santai lantaran didalam teh ada senyawa asam amino L-theanin yang dapat dibuktikan bisa mendorong ke dalam perbentukan gelombang atau bisa jga gelombang alfa didalam otak yang dipercaya bila dikonsumsi bisa memberi ketenangan.

5. Bisa hindari karies

Karies adalah pembusukan atau perusakan yang berlangsung pada tulang serta gigi. Untuk hindari hal itu bisa dikerjakan dengan konsumsi teh, di mana dalam teh terdapat satu diantara senyawa mineral yakni flouride. Flouride sendiri mempunyai kandungan yang paling tinggi dalam teh hingga bisa memberi peran pada tulang serta gigi supaya bisa memberi pertahanan serta penguatan pada gigi serta tulang.

6. Melawan munculnya sel kanker

Mencegah tumbuhnya sel kanker pada badan bisa dikerjakan dengan konsumsi teh sesuai sama ukuran sajian supaya tak terjadinya resikonya untuk badan. Faedah teh pada mencegah munculnya sel kanker lantaran ada anti-oksidan yang tinggi dalam teh.

7. Tingkatkan system imunitas

Hal semacam ini dikarenakan dalam teh ada senyawa yang bertindak sebagai penetralisir radikal bebas yang bisa tingkatkan imunitas badan, senyawa itu adalah katekin yang bertindak sebagai anti-oksidan yng dimana telah sdah dibuktikan oleh satu riset di University of Kansas pada th. 2007 ketika presentasi di American Chemical Society.

8. Turunkan hipertensi

Untuk yang mempunyai permasalahan dengan desakan darah tinggi bisa di turunkan dengan konsumsi teh dengan teratur serta dalam jumlah normal. Semakin lebih baik bila dalam turunkan hipertensi tak ditindaklanjuti dengan pemakaian obat-obatan kimia, tetapi memakai bahan alami.

9. Memperkecil tumor

Hal semacam ini lantaran ada senyawa flavanol yang berperan dalam pengecilan tumor yang tumbuh pada badan. Faedah ini bisa dirasa lewat cara konsumsi teh pahit dengan cara teratur juga sesuai sama sajian mengkonsumsi yang dibutuhkan.

10. Turunkan resiko serangan jantung

Dengan konsumsi teh pahit dengan cara teratur serta sesuai kadar saji yang dibutuhkan bisa meminimalisasi terjadinya serangan jantung. Hal semacam itu karena ada flavonoid yang terdapat dalam teh yang mempunyai manfaat pada badan untuk tingkatkan relativitas pembuluh darah hingga bisa turunkan desakan darah yang tinggi supaya bisa menangani terjadinya pengerasan pada arteri yang bakal mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

11. Melangsingkan badan

Teh pahit diakui bisa turunkan berat tubuh supaya badan mempunyai berat tubuh yang ideal. Hal semacam ini bisa dikerjakan dengan konsumsi teh pahit sekitaran 3-4 cangkir /hari atau bisa pula disesuakan dengan keadaan badan.

12. Kurangi bau mulut

Manfaat teh pahit pada untuk kurangi bau mulut yang tidak enak lantaran ada kandungan senyawa polifenol yang terdapat dalam teh pahit. Polifenol itu menolong membunuh bakteri yang ada pada mulut.

13. Menyingkirkan kantuk

Faedah teh pahit juga bermanfaat saat badan alami kantuk. Sesungguhnya hal itu bisa diatasi lewat cara konsumsi teh pahit lantaran teh mengandung cafein yang berperan untuk kurangi rasa kantuk. Tetapi butuh di ketahui kalau cafein dalam teh serta dalam kopi mempunyai ketidaksamaan.

14. Melembapkan kulit

Kandungan senyawa tanin yang ada dalam teh berperan untuk kembali melembapkan kulit akibat kulit kering. Hal semacam ini bisa dikerjakan dengan konsumsi teh atau segera dipakai pada kulit yang alami kekeringan lewat cara dioleskan seeprti masker. Usaha yang dikerjakan dengan teratur serta berkelanjutan bakal bikin kulit jadi lembap kembali serta merasa lebih fresh.

Dampak Samping Teh Pahit

Konsumsi teh pahit terlalu berlebih bisa menyebabkan resikonya seperti berikut ini :

  • Anemia. Cafein yang terlalu berlebih pada badan menyebabkan terjadinya penghalangan dalam penyerapan zat besi. Di mana zat besi itu diperlukan dalam pembentukan sel darah merah hingga bisa tingkatkan resiko anemia.
  • Nyeri tulang serta gigi. Konsetrasi flouride pada badan melebihi batas yang semestinya tak bisa kian lebih 0, 10 mg/Liter yang diperlukan oleh badan hingga bisa menyebabkan rasa nyeri pada tulang serta gigi.
  • Osteoporosis. Konsumsi teh pahit yang terlalu berlebih bikin kalsium pada badan turut terbuang dalam urine hingga tingkatkan resiko pengeroposan tulang atau dimaksud dengan osteoporosis.
  • Terserang batu ginjal. Hal itu bisa terkadi akibat pengkristalan pada saluran pembuangan urine yang dikarenakan oleh zat oksalat yang terdapat dalam teh pahit.

Sekian uraian tentang teh pahit diliat dari fungsi serta resikonya yang diakibatkan bila konsumsi nya melebihi batas normal. Oleh karenanya, sayangi badan anda dengan konsumsi beberapa bahan alami tetapi tak terlalu berlebih, dan disertai dengan lakukan berolahraga dengan cara teratur serta mengaplikasikan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *