184 Manfaat serta Khasiat Tanaman Rimpang (Temu Lawak)

Manfaat serta Khasiat Tanaman Rimpang – Bicara mengenai temu lawak, mungkin saja anda bakal terbayang dengan tanaman temua – temuan atau tanaman rimpang – rimpangan seperti jahe, kunyit, lengkua serta kunci. Lantaran memanglah memiliki bentuk nyaris sama, tetapi hasiat nya ada yang beda. Temu lawak yaitu tanaman herbal asli Indonesia, yakni datang dari daerah Jawa. Orang sSunda menyebutkan tanaman ini dengan nama koneng gede, mungkin saja lantaran warnanya kuning serta ukurannya rimpangnya gede serta tumbuhnya tinggi tegap. Orang Madura menyebutkan tanaman ini dengan nama temo labak. Temu lawak yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb. telah menyebar di semua daerah di Indonesia bahkan juga di mancanegara seperti Malaysia, Filifina serta Thailand juga mulai membudidayakan nya. Itu mungkin saja lantaran hasiat dari temu lawak ini telah banyak diketemukan.

Ciri – ciri tanaman temu lawak yaitu langkah tumbuhnya yang merumpun serta setiap rumpunnya mempunyai anakan, tiap-tiap anakan temu lawak mempunyai 2-9 helai daun. Daunnya berwarna hijau tua, berupa panjang serta agak lebar. Panjang daun sekitaran 50-55 cm serta lebarnya 18 cm. Lamina daun serta semua ibu tulang daun bergaris hitam. Tiap-tiap helai daun menempel pada tangkai daun dan posisinya sama-sama menutupi dengan teratur.

Tanaman rimpang yang satu ini dapat berbunganga saat umur tumbuhnya telah menahun, ia selalu berbunga selama th. dengan bertukar – ubah tiap-tiap rumpunnya. Bunga nya nampak di samping batang semunya. Warna bunga temu lawak biasanya kuning serta kelopak bunganya berwarna kuning tua dengan pangkal bunga berwarna ungu.

Rimpang temulawak terbentuk ke dalam tanah dengan kedalaman sekitaran 10 sampai 15 cm. Bentuk induk rimpang temu lawak bulat serta memiliki ukuran besar, warna luar nya kuning tua atau coklat kemerahan, sedang dalamnya berwarna kuning atau jingga kecoklatan. Rimpang temu lawak berbau harum serta tajam, rasa-rasanya pahit sedikit pedas.

Tanaman temu lawak ini dimaksud tanaman yang multiguna, mengingat faedahnya yang begitu banyak untuk kesehatan. Lantaran tanaman temu lawak ini tanaman asli indonesia, tanaman temu lawak ini telah mulai sejak lama digunakan untuk kesehatan serta penyembuhan tradisional oleh nenek moyang kita. Hingga sekarang ini masihlah masih dipakai serta semakin banyak diketemukan hasiatnya untuk kesehatan, Bersamaan mengembangnya ilmu dan pengetahuan dan teknologi, saat ini sudah banyak beragam jenis product memakai bahan dari temu lawak. Ada yang berbentuk obat, munuman botol, minuman kaleng, bahkan juga kue memiliki bahan temu lawak juga ada.

Lalu apa sajakah sih manfaat dari temu lawak untuk kesehatan..? Sebelumnya kita ulas apa manfaat nya untuk kesehatan, butuh anda kenali semuanya manfaat itu datang dari kandungan zat kurkumin serta minyak atsiri yang ada pada rimpang temu lawak. Kurkumin berperan sebagai anti radang (anti inflamasi), antihepatotoksik (anti keracunan empedu) serta sebagai acnevulgaris. Minyak atsiri pada temu lawak mengandung zat xanthorrhizol, sineal, phelandren, kamfer serta borneol yang begitu baik untuk kesehatan.

Inilah 18 Manfaat serta Khasiat Tanaman Rimpang (Temu Lawak)


Manfaat temu lawak untuk kesehatan serta penyembuhan tradisional :

1. Menolong menyembuhkan sakit maag – Sakit ini kadang-kadang begitu menyiksa disaat tengah datang menyiksa. Penyakit maag terkait dengan lambung, umumnya karena pola makan yg tidak sehat, seperti telat makan atau konsumsi makanan yang dapat memicunya. Temu lawak telah mulai sejak lama digunakan untuk menyembuhkan sakit maag. Langkahnya yakni satu rimpang temu lawak iris tidak tebal – tidak tebal serta dikeringkan/diangin – angin kan. Lalu rebus rimpang temu lawak dengan 1 liter air, didihkan hingga air tersisa setengahnya. Saring serta dinginkan, minum waktu hangat sekali dalam satu hari.

2. Pelihara kesehatan serta manfaat hati – Hati adalah organ yang begitu sangat begitu mesti dijaga. Konsumsi makanan yang bergizi, berolahraga yang teratur, istirahat yang cukup, fikiran yang tenang merupan langkah – langkah melindungi kesehatan hati. Hati bertindak sebagai penghasil empedu serta mengosongkan kandung empedu. Temu lawak mempunyai kandungan katagoga yang bertindak memperlancar manfaat hati serta melindungi kesehatan hati. Langkahnya yakni dengan merebus satu rimpang temu lawak digabung dengan segenggam daun meniran, berikan sedikit gula aren dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa satu gelas saja. Saring serta dinginkan, minum waktu hangat sekali sehari-hari.

3. Halangi perkembangan sel kanker – Sel kanker pada badan tiap-tiap manusia dapat tumbuh, tetapi bisa dihindari dengan pandai – pandai melindungi kesehatan. Kurkumin yang banyak dipunyai temu lawak begitu baik untuk menghalangi perkembangan sel kanker. Kandungan antioksidannya juga begitu ampuh mencegah radikal bebas serta membunuh toksin – toksin pada badan. Bila badan sehat serta kuat, sel kanker akan tidak tumbuh. Minumlah air rebusan temu lawak dengan cara teratur sehari-hari. Bila tidak mau ribet – ribet membuatnya, saat ini telah banyak product – product minuman temu lawak di jual di market.

4. Memberi nafsu makan – Kegiatan yang padat, sangat banyak fikiran, asik bermain yaitu beberapa kecil yang mengakibatkan nafsu makan terganggu lantaran kondisi telat makan atau tak makan telah umum dirasa. Bila lambung tak di beri konsumsi makanan, namun lambung selalu menerus berperan menggiling makanan dalam lambung. Dapat dipikirkan bila lambung menggiling dalam kondisi lambung kosong. Jadi timbulah penyakit maag, atau types lantaran usus bakal alami lecet serta meradang. Pasti kondisi ini tak dikehendaki oleh kita semuanya, terlebih oleh Ibu – ibu yang anaknya sulit waktu diminta makan. Temu lawak telah mulai sejak lama digunakan untuk menangani sulit makan, lantaran zat yang terdapat dalam temu lawak ini dapat kembalikan nafsu makan. Langkahnya yakni dengan merebus 2 rimpang temu lawak, ditambah 1/4 rimpang lengkuas serta 1/2 genggam daun meniran. Semuanya bahan dicuci bersih serta di rebus dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa satu gelas, saring serta dinginkan air rebusan. Minum 2 x satu hari dengan dosis 1/2 gelas setiap saat minumnya.

5. Menyembuhkan penyakit sembelit – Sembelit yaitu satu kondisi di mana terjadinya pengerasan pada tinja. Menyebabakan sulit BAB serta perut merasa melilit. Pasien yang rasakan kesakitan mengisyaratkan penyakit ini yaitu penyakit serius. Bila dilewatkan sangat lama, sembelit dapat mengakibatkan peradangan usus atau kanker usus. Konsumsi temu lawak dapat menghindar terjadinya sembelit, lantaran kandungan yang dipunyai temu lawak begitu baik untuk pencernaan.

6. Menyembuhkan sariawan – Sariawan dimulai dari panas dalam, sarian yang begitu kronis dapat menyebabkan penyakit – penyakit yang lain. Temu lawak telah lama dipakai untuk menyembuhkan sariawan. Langkahnya yakni dengan merebus satu rimpang temu lawak, ditambah 3 biji asam jawa serta sedikit gula aren atau madu. Campur serta aduk dengan dua gelas air, didihkan hingga air tersisa satu gelas. Saring serta dinginkan. Minum waktu hangat dengan cara teratur sehari-hari sekali minum.

7. Memperlancar dan perbanyak ASI – ASI sangat utama untuk bayi, lantaran ASI mempunyai kandungan yang begitu kumplit untuk tumbuh kembang anak, untuk kesehatannya serta kecerdasannya. Tetapi kadang-kadang beberapa dari Ibu – ibu mengeluh lantaran ASI nya termasuk sedikit. Konsumsi temu lawak telah lama diakui serta dapat dibuktikan bisa memperlancar serta perbanyak ASI. Langkahnya yakni dengan merebus 1-2 rimpang temu lawak ditambah 2 sendok makan sagu serta gula aren seperlunya. Rimpang yang telah diparut, digabung dengan sagu serta gula aren. Didihkan dengan 1 liter air hingga air tersisa setengahnya. Saring serta dinginkan lalu minum 2 x satu hari.

8. Sebagai obat sakit kepala – Sakit kepala benar-benar sangat merasa menyiksa. Bila telah menerpa, kegiatan bakal terganggu serta rasa sakit dikepala bakal begitu merasa. Di apotik atau di warung dekat tempat tinggal juga telah banyak obat – obat untuk menyembuhkan sakit kepala. Tetapi obat – obatan medis terkandang mengakibatkan resikonya. Temu lawak dapat dibuktikan dapat menyembuhkan sakit kepala dengan cara alami serta tanpa ada resikonya.

9. Mengobati masuk angin – Mungkinsemua nya telah pada hapal dengan yang nama nya masuk angin. Kondisi yang merasa umumnya mual, perut kembung, pusing dll. Apa pun pemicunya, yang pasti masuk angin begitu tak nyaman rasa-rasanya. Semuanya tanamanrimpang telah banyak dipakai untuk menyembuhkan masuk angin, satu diantaranya temu lawak. Langkah nya yakni dengan merebus 2 rimpamg temu lawak yang telah digiling serta jadi tepung memakai 4 gelas air. Didihkan hingga air tersisa 1/2 nya. Diminum waktu hangat pagi serta sore hari sejumlah 1/2 gelas.

10. Menghilangkan bau badan – Bau badan memanglah adalah satu permasalahan yang bikin tak nyaman, rasa yakin diri juga bakal menyusut, terlebih anda orang yang aktifitasnya berjumpa dengan adanya banyak orang utama. Untuk penangan sesaat mungkin saja pilihan anda dengan menggunakan farfum. tetapi farfum cuma mengharumkan sesaat. Temu lawak juga telah mulai sejak lama dipakai untuk menyingkirkan bau tubuh. Langkahnya yakni dengan merebus 1 rimpang temu lawak yang telah dicuci bersih serta ditumpuk hingga halus. Rebus dengan memakai air 1 liter. Didihkan hingga air tersisa 1/2 nya. minum 2 x satu hari dengan cara teratur.

11. Menyingkirkan jerawat – Jerawat memanglah jadi permasalahan, terutamam dikalangan kaum wanita yang senantiasa menginginkan tampak prima. Jerawat merasa nyeri serta sringkali selalu jadi tambah jumlahnya. Kandungan anti-oksidan yang dipunyai temu lawak dapat bersihkan darah dari virus atau toksin yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat. Langkah yang begitu gampang yaitu dengan mencampurkan 1 rimpang temu lawak dengan 1/2 rimpang kencur, lalu campur 1/4 sendok makan biji jintan, 1 tangkai buah asam yang masak serta gula aren seperlunya. Semuanya rimpang diparut serta digabung dengan semuanya bahan. Rebus dengan 2 liter air, didihkan hingga air tersisa setengahnya. Saring serta dinginkan, minum dengan cara teratur malam hari sebelumnya tidur.

12. Menolong memperlancar pencernaan – Sistem pencernaan mesti senantiasa lancar, lantaran jika tak lancar bakal menyebabkan beragam penyakit. Temu lawak telah mulai sejak jaman dahulu diakui serta dapat dibuktikan dapat melindungi kesehatn organ pencernaan. Langkahnya yakni dengan merebus 1 rimpang temu lawak yang telah dicuci bersih serta ditumpuk hingga halus. Rebus dengan memakai air 1 liter. Didihkan hingga air tersisa 1/2 nya. Saring serta dinginkan, minum waktu hangatdua kali satu hari dengan cara teratur.

13. Pelihara kesehatan serta manfaat jantung – Jantung adalah organ badan yang begitu vital. Jantung berperan sebagai pemompa darah serta disalurkan ke semua badan. Desakan darah yang normal serta darah yang bersih dari toksin, bakteri serta virus bakal menolong memaksimalkan manfaat kerja jantung serta melindungi kesehatannya. Temu lawak dapat juga menolong pelihara kesehatan jantung hingga jantung bekerja dengan cara maksimal. Langkahnya yakni dengan merebus satu rimpang temu lawak digabung dengan segenggam daun meniran, berikan sedikit gula aren dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa satu gelas saja. Saring serta dinginkan, minum waktu hangat sekali sehari-hari.

14. Pelihara kesehatan serta manfaat ginjal – Ginjal adalah organ yang berperan sebagai penyaring darah sebelumnya disebarkan ke semua badan. Bila darah terjangkit virus, bakteri atau toksin, ginjal bakal begitu riskan terserang penyakit. Konsumsi temu lawak dengan cara teratur bisa menolong menyehatkan ginjal serta mengoptimalkan manfaat ginjal. Lantaran anti-oksidan dalam rimpang temu lawak menolong bersihkan darah. Langkahnya yakni dengan merebus satu rimpang temu lawak digabung dengan segenggam daun meniran, berikan sedikit gula aren dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa satu gelas saja. Saring serta dinginkan, minum waktu hangat sekali sehari-hari.

15. Membantu Mengobati peradangan – Peradangan dapat berlangsung diluar ataupun di dalam tubuh. Radang yang menyebabkan luka atau keluar darah bermakna termasuk juga radang yang telah kronis. Kandungan yang dipunyai temu lawak begitu banyak, satu diantaranya berbentuk antiradang serta anti nyeri. Konsumsi temu lawak lebih aman daripada konsumsi obat – obatan kimia yang memiliki kandungan resikonya. Langkahnya yakni dengan merebus satu rimpang temu lawak digabung dengan segenggam daun meniran, berikan sedikit gula aren dengan 3 gelas air. Didihkan hingga air tersisa satu gelas saja. Saring serta dinginkan, minum waktu hangat sekali sehari-hari.

16. Menolong menurunkan kadar kolesterol – Kolesterol pada badan mesti senantiasa setabil, bila jumlah kolesterol pada badan berlebihan, jadi badan bakal gampang terkena penyakit, perut buncit, serta dapat menyebabakan obesitas. Konsumsi temu lawak dengan cara teratur sehari-hari dapat menurunkan serta menyetabilkan kadar kolesterol pada badan.

17. Memulihkan system pernafasan – System pernapasan mencakup hidung, mulut hingga paru – paru mesti senantiasa lancar. Bila satu diantaranya alami permasalahan, jadi semuanya anggota tubuh bakal merasakannya. Baik itu peradangan, penyempitan, pembengkakan di saluran pernapasan dapat dihindari dengan konsumsi temu lawak sehari-hari.

18. Membantu menurunkan lemak darah – Lemak dalm darah memanglah tak tampak, tetapi dampak nya begitu merasa. Lemak itu dapat jadi gumpalan serta mengakibatkan aliran darah tersendat, jadi timbullah beragam penyakit yang beresiko. Konsumsi temu lawak dengan cara teratur sehari-hari bisa menolong menurunkan lemak dalam darah, hingga aliran darah tetaplah lancar.

Tanaman rimpang – rimpangan atau temu – temuan memanglah telah lama dipakai untuk kesehatan serta penyembuhan herbal. Satu di antara yang paling banyak khasiat nya yakni rimpang yang satu ini, temu lawak namanya. Temu lawak ini telah lama hidup mengikuti manusia dengan bermacam kemanfaatannya untuk kesehatan.

Itulah beberapa ulasan yang dapat kami berikan. Semoga informasi diatas yang kami berikan mengenai Manfaat serta Khasiat Tanaman Rimpang (Temu Lawak) bermanfaat.

referensi: ( khasiat temu lawak )