202 Manfaat Buah Duku Juga Kandungan Gizinya

Manfaat Buah DukuManfaat Buah Duku – Duku adalah buah asli yang datang dari Asia Tenggara. Termasuk juga Indonesia, Thailand, Malaysia serta Filipina. Tanaman buah ini mempunyai banyak varian, tetapi pada dasarnya dibedakan jadi tiga golonga, yakni duku, langsat serta kokosan. Di antara ketiga type itu yang paling populer yaitu varian duku. Serta yang paling manis serta paling tahan lama. Mari kita ulas ketiganya.

Buah Duku (L. domesticum var. duku). Adalah varian yang paling popular lantaran rasa-rasanya yang begitu manis, bijinya kecil serta tidak sering, dan daya tahannya begitu bagus hingga dapat jadikan sebagai komoditi ekspor. Oleh karena itu penyebarannya amat cepat serta namanya cepat populer sampai ke luar negeri. Bentuk buahnya lebih bulat di banding kokosan serta langsat. Warnanya juga lebih pucat. Kultivar yang paling populer yaitu duku palembang, duku matesih serta duku condet.

Langsat (L. domesticum var. domesticum). Diliat dari pohonnya, langsat mempunyai pohon yang lebih ramping dengan percabangan tegak ke atas. Warna daunnya lebih hijau serta warna buahnya lebih kuning. Tiap-tiap tandan buahnya di isi oleh semakin banyak butir buah hingga lebih serupa anggur. Tidak sama dengan duku yang tandan buahnya beberapa tidak sering. Lantaran daya tahannya yg tidak demikian bagus, langsat tak demikian dilirik sebagai komoditas ekspor hingga namanya kurang populer serta pembiakannya juga asal jadi saja.

Kokosan (L. domesticum var. aquaeum). Nyaris sama juga dengan lngsat, kokosan mempunyai batang pohon yang kurus, percabangan ke atas serta daun yang hijau dan warna buah lebih kuning kecoklatan. Tandan buahnya juga rapat hingga satu tandan dapat ada sampai beberapa puluh buah. Kulit buahnya begitu tidak tebal serta sulit dikupas. Daging buahnya juga rapat serta mengandung banyak air. Langkah mengkonsumsinya juga unik, yakni lewat cara digigit ujungnya, lantas disedot buahnya (dikokos). Oleh karena itu namanya kokosan.

Walau memiliki bentuk kecil, tetapi kandungan nutrisi buah duku ini tak dapat dikira sepele. Seperti buah-buahan tropis yang lain, duku serta varianya juga kaya antiksidan yang didapat dari vitamin C, vitamin B serta sebagian mineral utama untuk badan. Di bawah ini telah kami kumpulkan tentang manfaat buah duku serta kandungan gizinya.

Tabel Kandungan Gizi Buah Duku Per 100 Gr




























































Informasi giziNilai gizi
Kalori63 kkal
Protein1.0 gram
Serat1.0 gram
Lemak0,2 gram
Karbohidrat13 gram
Kalsium18 mg
Fosfor9 mg
Zat besi0,9 mg
Mineral lain0,7 gram
Vitamin A0 IU
Vitamin B1 (Thiamin)0,05 mg
Vitamin C9 mg
 Vitamin B2 (Riboflavin) –

Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan


Duku adalah buah asli Indonesia yag telah populer di mancanegara. Terkecuali rasa-rasanya yang manis, kandungan nutrisinya banyak juga. Tidak heran dukuh diakui sebagai buah yang berguna untuk kesehatan. Serta di bawah ini yaitu sebagian manfaat duku untuk kesehatan.

1. Kaya Vitamin A

Duku meruakan buah yang kaya vitamin A. Manfaat vitamin ini telah terang sebagai penjaga kesehatan mata, supaya panca indera yang satu itu bisa berperan dengan baik. Vitamin A termasuk juga vitamin yang larut dalam lemak, mencakup retinol serta karotenoid. Karoten dalam buah duku adalah anti-oksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

2. Kaya Vitamin B

Terkecuali vitamin A, buah duku juga adalah sumber yang baik untuk vitamin B. Diantaranya vitamin B1 (Thiamin) serta vitamin B2 (Riboflavin). Manfaat Thiamin pada badan yaitu menolong memecah gula pada badan, mensupport perkembangan badan serta menghasilkan sel darah merah. Sedang manfaat Riboflavin lebih pada menolong badan melepas daya dari karbohidrat.

3. Kaya Serat

Serat adalah satu diantara zat yang begitu diperlukan badan lantaran manfaatnya yang begitu baik untuk pencernaan. Dalam 100 gr buah duku terdapat lebih kurang 2 gr serat. Jumlah itu telah penuhi keperluan harian badan wanita dewasa bakal serat sejumlah 8-11 %. Sedang untuk kelompok pria dewasa, keperluan serat yang tercukupi yaitu 6-8 %. Makanan tinggi serat bisa menolong melindungi badan dari serangan jantung serta menangani sembelit.

4. Sumber Antioksidan

Buah duku adalah sumber anti-oksidan alami, semacam polifenol yang berguna untuk badan. Satu studi yang dikerjakan oleh Food Chemistry pada th. 2006 tunjukkan kalau anti-oksidan buah duku sama juga dengan yang ada pada buah tropis yang lain yang lebih populer, seperti pepaya serta pisang.

5. Memperlancar system pencernaan

Seperti yang telah diejlaskan terlebih dulu kalau buah duku ini mempunyai kandungan serat cukup tinggi, yakni 2 gr per 100 gr buah. Lantaran kandungan seratnya itu, begitu layak bila buah manis ini jadikan obat untuk memperlancar pencernaan.

6. Mengatur kolesterol

Cholesterol tinggi begitu beresiko untuk kesehatan lantaran bisa mengakibatkan penyakit yang meneror nyawa seperti jantung koroner serta stroke. Ditambah lagi bila cholesterol telah menyumbat pembuluh darah. Bahkan juga cholesterol memiliki korelasi dengan penyakit beresiko yang lain seperti diabetes serta desakan darah tinggi. Kandungan vitamin C dalam buah langsat ini bisa menolong metabolisme cholesterol jadi asam empedu.

7. Menolong program diet

Untuk anda yang tengah menggerakkan program diet untuk turunkan berat tubuh, konsumsi duku mungkin saja begitu menolong. Manfaat buah duku untuk diet ini didapat lantaran kemampuannya dalam mengarahkan Carnitine sebagai pembakar lemak.

8. Melindungi kesehatan gusi

Kekurangan vitamin C bisa jadi penyebabnya gingivitis dengan kata lain gsi bengkak serta berdarah. Karenanya sebaiknya kita memenuhi keperluan harian vitamin C. Dalam buah duku, kandungan vitamin C-nya cukup banyak. Tetapi, untuk penuhi keperluan vitamin C harian mesti ditunjang dengan maknan lain seperti sayuran serta buah-buahan lain yang kaya kandungan vitamin C.

9. Mempercepat pemulihan

Kandungan vitamin C dalam buah-buahan termasuk juga Duku, nyatanya dapat mempercepat sistem pemulihan untuk yang tengah sakit. Ini karena vitamin C adalah anti-oksidan aktif yang bisa memulihkan kembali manfaat badan. Tetapi, duku tidaklah buah paling baik untuk permasalahan ini. Bila memanglah dalam sistem pemulihan, saya anjurkan unuk konsumsi jeruk, pepaya, apel atau pisang.

10. Melindungi kemampuan gigi

Gigi yang sehari-hari kita pakai untuk kunyah makanan nyatanya juga butuh makan. Makanan paling baik untuk gigi yaitu kalsium serta fosfor. Nah, buah pisitan, kokosan serta langsat ini mempunyai kandungan fosfor yang cukup tinggi hingga dapat membuat perlindungan gigi serta menguatkannya.

11. Menghindar penuaan dini

Nyaris semuanya buah serta sayuran mempunyai kekuatan ini. Lantaran sifatnya yang anti-radikal bebas yang bisa mencegah polutan penyabab rusaknya jaringan kulit. Tetapi pasti terkecuali konsumsi buah-buahan harus juga disertai dengan pola hidup sehat dan olahraga dengan cara teratur. Tidur cukup, berpikir positif dsb.

12. Tingkatkan kekebalan badan

Nyaris semuanya type buah serta sayuran mempunyai kekuatan untuk tingkatkan ketahanan badan. Hal semacam ini lantaran buah serta sayur mempunyai kandungan vitamin C serta anti-oksidan yang tinggi. Di mana manfaatnya yaitu mencegah poutan serta radikal bebas yang bisa mengakibatkan beragam penyakit.

Manfaat Buah Duku untuk Penyembuhan
Mungkin saja tidak banyak yang tahu kalau buah duku dapat juga dipakai sebagai obat tradisional. Di bawah ini sebagian resep tradisional dari buah duku yang diakui bisa menyembuhkan sebagian penyakit enteng.

13. Sebagai obat nyamuk

Peluang pembaca baru tahu, kalau buah duku dapat jadikan sebagai obat nyamuk. Kebetulan saat ini tengah musim duku di mana harga nya tentu murah. Namun bukanlah daging buahnya yang bermanfaat, tetapi kulit buahnya yang kering. Kulit buah duku yang telah dkering dibakar serta asapnya bisa mengusir nyamuk.

14. Menyembuhkan cacingan

Anak-anak begitu rentang pada cacing lantaran belum tahu benar mengenai kebersihan. Dilarang juga dilema lantaran bermain di tanah adalah hal yang begitu lumrah untuk meningkatkan saraf-saraf motorik anak. Kita sebagai orang tualah yang perlu cerdas serta siaga. Bila anak Anda alami tanda-tanda cacingan, seperti tak semangat, pucat, berat tubuh alami penurunan serta kerap menggaruk sisi anusnya, Anda mesti selekasnya mengobatinya. Guanka buah duku menangani permasalahan itu. Ambillah biji buah duku, kemudia ditumbuk sampai halus. Campur dengan air minum 1/4 gelas. minumkan pada anak 2 kali satu hari.

15. Turunkan demam

Demam umumnya tanda-tanda kalau anak terserang virus atau bakteri. Panas badan anak adalah bentuk pertahanan diri untuk mengusir virus serta bakteri atau mematikannya. Tetapi, umumnya orangtua sangat cepat cemas serta cemas. Serta cepat-cepat menghubungi dokter untuk memohon obat. Dokter yang memiliki pengalaman umumnya cuma menyuruh untuk perbanyak minum air putih. Mereka akan tidak segera memberi obat demikian saja. Tetapi bila anda telah sangat cemas dapat memakai buah duku ini untuk meredakan demam anak. Langkahnya dengan menumbuk satu biji buah duku, lalu dicampurkan di air seperempat gelas lalu diminum.

16. Menyembuhkan kulit yang gatal

Gatal-gatal pada kulit dapat disebakan sebagian aspek. Satu diantaranya lantaran tidak sering mandi. Umumnya lantaran ada bakteri atau kutu yang melekat di kulit lalu menggali untuk menerobos masuk kedalam jaringan kulit. Untuk menghilangkannya anda dapat memoleskan kulit buah duku yang masihlah fresh di bagian kulit yang gatal.

17. Menyembuhkan diare

Diare pada anak karena sebab konsumsi makanan yang pedas atau kurang bersih. Tetapi Anda tak perlu cemas lantaran biji buah duku dapat menyembuhkan diare. Langkahnya biji buah duku ditumbuk sampai halus lantas digabung dengan air 1/4 gelas serta diminum.

Manfaat Duku untuk Kecantikan
Terkecuali untuk kesehatan serta penyembuhan, manfaat buah duku dapat pula dirasa dalam dunia kecantikan. Salah satunya menolong menyingkirkan jerawat, menjaga kuku serta melindungi kelembapan alami rambut.

18. Menyingkirkan jerawat

Sangat banyak buah-buahan yang dapat jadikan sebagai obat jerawat alami. Dari mulai jeruk nipis, pepaya, tomat serta lemon. Buah duku juga mempunyai kekuatan yang sama, walau tak sehebat buah-buah yang telah dijelaskan diatas.

19. Melindungi kelembapan alami rambut

Buah duku dapat juga melindungi kelembapan alami rambut dari dalam, karena kandungan nutrisinya. Tetapi Anda dapat juga lakukan perawatan dari luar dengan manjadikannya sebagai masker alami untuk rambut Anda. Terkecuali melindungi kelembapan, juga menghindar kerontokan, serta memberikan nutrisi rambut.

20. Menjaga kuku

Wanita dahulu kala lakukan perawatan kuku bukanlah dengan manicure-pedicure. Namun memakai beberapa bahan alami seperti buah duku. Langkahnya dengan mengambil buah duku yang telah masak, lalu dihancurkan dengan kuku kita. Hal semacam ini sekalian dapat menyingkirkan kotoran yang terselip pada kuku serta kulit. Bahan lain yang memiliki kekuatan sama yaitu daging buah manggis serta belimbing wuluh.

Oke, itu dia beragam manfaat duku dari mulai buah, biji sampai kulitnya. Terkecuali khasiatnya untuk kesehatan badan keseluruhannya, dapat juga dipakai sebagai obat tradisional. Bahan, buah duku ini dapat dipakai sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Mumpung saat ini lagi musim duku, tak ada kelirunya anda coba konsumsi buah kecil ini.