29 Penyakit Cacar Air, Penyebab, dan Pengobatan Herbal

Penyebab penyakit cacar air yang paling utama yaitu virus vericella atau virus vericellazostar. Virus ini biasa ditemukan pada cairan vesikel, darah dan selaput lendir.Penyakit cacar ini dapat menular pada orang yang ada didekatnya. Gejala yang timbul dengan adanya versikel dipermukaan kulit dan selaput lendir. Penyakit ini mudah menular melewati percikan ludah ataupun kontak langsung dengan cairan yang ada virus didalamnya.

Penyakit ini tidak pilih-pilih usia dalam penularannya, dapat terkena pada semua usia.Penyakit cacar ini biasanya akan dialami 1 kali seumur hidup. Kurang lebih 90% cacar air menyerang dibawah usia 15 tahun, pada usia remaja gejala akan bertambah besar.

Penyakit Cacar Air

Biasanya penyebab penyakit cacar air di Indonesia adalah karena adanya virusvericellazostar, bukan hanya Indonesia saja yang biasa mengalami cacar, namun juga Australia. Pada musim semi di Australia banyak anak-anak yang akan terkena penyakit cacar pada usia bangku sekolah. 10 sampai dengan 20% penderita cacar dapat meninggal, karena virus ini juga terkenal mematikan. Apabila penderita masih bertahan hidup, biasanya akan mengalami lubang pada beberapa bagian tubuh karena bekas dari penyakit cacar tersebut, dalam kasus ini biasanya terjadi pada kebanyakan anak-anak.

Gejala Penyakit Cacar Air

Gejala dari penyakit cacar air ini, memiliki masa inkubasi 11 sampai dengan 12hari. Gejala yang timbul pada masa awal yaitu panas tubuh, lemah, malas, tidak nafsu makan dan kemerahan pada kulit. Gejala lainnya juga dengan adanya bintik merah kecil yang akan berubah menjadi benjolan yang isinya cairan bening dan pada dasarnya berwarna kemerahan. Setelah beberapa hari, cairan akan berubah keruh. Hari ke 3-4 vesikel akan menyebar ke seluruh tubuh dan akan timbul gatal.

Vaksin cacar air dikembangkan oleh prof. Takhashi di jepang pada tahun 1971, vaksin ini pertama didunia. Untuk mengobati cacar air ini dengan cara membunuh semua penyebab penyakit cacar ini.

Obat Herbal Penyakit Cacar Air

  1. Jika cacar sudah membengkak, pagi dan sore semprot dengan kunyahan bawang merah.
  2. Dinglo, bangle, bawang merah, daun sirih, jinten hitam inang muda dan sedikit air dicampur dan ditumbuk sampai halus. Saring dan diminumkan pada penderita cacar.
  3. Kacang hijau direndam dalam air, tunggu hingga mengembang. Tumbuk kacang sampai halus dan oles pada bagian kulit yang ada bekas cacar air.
  4. Buah mengkudu, mampu mengurangi penyebab cacar air. Ambil mengkudu yang sudah matang, cuci bersih dan blender. Minum jus mengkudu 2 hingga 3 kali sehari untuk obat cacar dan minum secara rutin.
  5. Minumlah air putih yang banyak, karena air putih memiliki banyak khasiat didalamnya dan berguna untuk tubuh kita. Konsumsilah air putih yang layak konsumsi atau air putih matang.

Pencegahan penyakit cacar bisa dilakukan dengan menggunakan vaksinasi berupa vaksin varisela, untuk bayi 12 hingga 18 bulan, untuk orang dewasa bisa dengan immunoglobulin zoster dari resep dokter.Itulah beberapa informasi mengenai penyebab penyakit cara, gejala dan juga pengobatannya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk mencegah, mengobati dan mengetahui gejala penyakit cacar.

cara mengatasi anak tidak mau minum air putih akibat cacar air,cacar cirinya,cacar jepang,ciri anak 3 tahun cacar,cirinya cacar,Pencegahan cacar,penyakit indonesia

Leave a Reply