39 Penyebab Bisul Pada Anak Dan Cara Mengatasi Secara Alami

Bisul adalah salah satu penyakit kulit yang bisa menyerang siapa pun, baik itu bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Apabila sebagian besar orang tua mengira jika bisul muncul karena terlalu banyak mengkonsumsi telur atau kacangan-kacangan, maka pendapat tersebut adalah keliru. Penyebab bisul pada anak sebenarnya yaitu pola hidup yang tidak atau kurang bersih. Pada umumnya penyakit bisul ini bisa menyebar dan susah untuk dikendalikan jika tidak mampu menjaga kebersihan badan. Akan tetapi yang disayangkan adalah masih banyak sekali orang tua yang tidak mengetahui tentang apa saja yang menjadi penyebab bisul pada anak dan cara mengobatinya.

Penyebab Bisul pada Anak


Sebenarnya penyakit bisul ini tidak hanya bisa menyerang anak-anak saja, tapi bisa juga menyerang orang tua atau dewasa. Akan tetapi sebagian besar orang dewasa tidak mempermasalahkan penyakit bisul tersebut. Bahkan ada juga yang menganggapnya sebagai hal yang biasa.Hal tersebutlah yang bisa mengakibatkan penyebaran penyakit bisul pada anak-anaknya.Walaupun belum ada fakta yang menyatakan bahwa penyakit bisul merupakan penyakit yang menular, namun yang sudah pasti adalah kontak langsung dengan penderita penyakit bisul dapat memindahkan kuman dari si penderita. Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh pada anak-anak masih sangat rendah sehingga bisa sangat mudah tertular bisul.

Oleh sebab itu, menjadi hal yang sangat wajib bagi orang tua untuk mengetahui penyebab dan juga pengobatan penyakit bisul pada anak sangat penting diketahui. Dengan mengetahui penyebabnya, maka akan mempermudah orang tua untuk bisa mengatasi penyakit bisul pada anak. Berikut beberapa pengobatan penyakit bisul pada anak :

1. Jangan Pencet Bisul

Apabila penyakit bisul masih berukuran kecil, janganlah pernah memencetnya atau menggaruknya karena peradangan pada kulit bisa menyebabkan infeksi cukup parah.Yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan badan hingga kebersihan lingkungan. Terutama kebersihan bagian yang bisulan agar bateri penyebab bisul pada anak tidak mudah menyebar ke bagian yang lain. Ketika bisul sudah menjadi lebih lembut atau inti nanahnya sudah mulai kelihatan, anda baru bisa membersihkannya menggunakan cairan antiseptic atau rivanol.Setelah itu oleskanlah salep penisilin pada bagian luka.

2. Menggunakan ramuan alami

Penyakit bisul pada anak bisa diobati dengan ramuan bahan alami sebagai berikut ini :

  • Menggunakan bawang putih, caramengobatinya yaitu dengan memarut bawang putih kemudian tempelkan parutan bawang putih tersebut pada bagian kulit yang bisulan.

  • Menggunakan kunyit, caramengobatinya yaitu dengan memarut kunyit dan menempelkannya pada bagian kulit yang terkena penyakit bisul.

  • Menggunakan daun cabai rawit, caramengobatinya yaitu tumbuk beberapa helai daun cabai rawit hingga halus dan lumat. Setelah itu tempelkanlah pada daerah yang bisulan.


3. Mengompres Bisul

Mengompres bisul bisa membantu membunuh bakteri penyebab bisul pada anak.Kompreslah bisul menggunakan air hangat setiap empat jam sekali.

4. Mandi Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat yang dicampur dengan cairan antiseptik juga bisa membantu mempercepat penyembuhan bisul pada anak anda. Dengan mandi menggunakan air hangat, maka bakteri penyebab bisul akan mati.

Demikianlah beberapa penyebab bisul pada anak dan juga caramengatasinya. Semoga bisa bermanfaat dan membantu mengatasi penyakit bisul pada anak anda. Jangan lupa baca cara mengatasi batuk pada bayi pada artikel yang lalu.

bisul pada anak, penyebab bisul pada anak, bisulan pada anak, bisul anak, penyebab bisulan pada anak, obat bisul pada anak, penyebab bisul pada anak anak, penyebab anak bisulan, bisul pada balita, penyebab penyakit bisul pada anak, mengatasi bisul pada anak, bisul kecil pada anak, penyebab bisul pada balita