43 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan ( Vernonia amygdalina )

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan – Daun Afrika atau Afrika Selatan memang benar asli dari afrika, orang disana menyebutnya dengan nama yoruba yang artinya pahit. Nama Daun Afrika tersebut berasal bahasa Tiongkok, Cina dengan nama nan fei shu. Tanaman Daun dewa dengan nama latin Vernonia amygdalina sudah lama digunakan oleh tabib – tabib di Tiongkok. Di Indonesia pun tanaman ini sudah banyak dikenal dan digunakan dalam pengobatan dan produk – produk obat herbal. Sudah banyak artikel dan jurnal – jurnal tentang penelitian akan manfaat dan hasiat tanaman ini dan sudah terbukti tanaman ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Pada awalnya orang Indonesia menyangka tanaman ini hanya bisa hidup di daerah dataran tinggi juga daerah panas karena di daerah aslinya tanaman ini banyak ditemukan di daerah dengan ketinggian lebih dari 1500 mdpl yang juga dikenal dengan daerah nya yang panas. Namun ternyata tidak, semua daerah di Indonesia tumbuhan ini bisa tumbuh dengan subur walau memang ada perbedaan pertumbuhan antara daerah dataran tinggi dengan daerah dataran rendah. Di daerah dataran tinggi, tumbuhan ini mampu sampai berbuah. Di dataran sedang, Tanaman ini hanya mampu sampai berbunga dan tidak menjadi buah. Sedangkan di daerah dataran rendah, tanaman ini tidak sampai berbunga.
manfaat daun afrika selatan untuk kesehatan

Daun Afrika ini sudah terbukti mampu mengobati berbagai macam penyakit, diantaranya Diabetes, Stroke, Hipertensi atau tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi hasiat – hasiat yang dimiliki tanaman daun afrika ini seperti zat antioksidan, zat anti inflamasi, asam lemak, asam fenolat, asam esensial, vitamin, minyak has dan masih banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk pengobatan herbal.

manfaat daun afrika untuk kesehatan

20 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan – Ada banyak hasiat dan manfaat dari daun Afrika ini untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai macam penyakit.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi – Penyakit tekanan darah tinggi bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya asupan konsumsi makanan dan juga fakor usia. Mereka yang mempunyai tekanan darah antara 130-139/80-89 mmHg sangat beresiko mengalami hepertensi yang bisa menimbulkan kerusakan organ tubuh penting. Baik secara langsung maupun tidak langsung penyakit ini bisa mengenai jantung, otak, ginjal, arteri perifer dan juga bagian mata. Dengan meminum ramuan  dari rebusan tanaman daun afrika secara rutin, terbukti bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
  2. Mencegah penyakit stroke – Penyakit stroke atau serebavaskuler ini disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Akibatnya menjadikan penderita lumpuh total, lumpuh sebelah dan bicara cadel. Daun Afrika ini terbukti bisa mencegah penyempitan dan pembengkakan pembuluh darah pada otak. Dengan cara merebus beberapa helai daun afrika dengan air 3 gelas dijadikan segelas yang sudah disaring.
  3. Mengobati penyakit diabetes – Penyakit diabetes atau kencing manis terjadi karena adanya gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel yang disimpan di hati dan glukosa yang dikeluarkan dari hati. Akibatnya adalah meningkatnya kadar glukosa atau gula dalam darah meningkat. Penyakit diabetes ini bisa harus disembuhkan sebelum terjadinya komplikasi. Hasiat daun Afrika ini juga bisa membantu mengobati penyakit diabetes dengan meminum ramuan rebusan  daun segarnya.
  4. Menyembuhkan radang persendian – Radang persendian ini bisa menimbulkan penyakit rematik, biasanya terjadi pada orang – orang lanjut usia. Daun Afrika ini juga sudah banyak terbukti mampu mengobati radang persendian dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin.
  5. Mengobati perut kembung – jika anda mengalami hal ini, tidak usahlah panik. perut kembung atau begah biasanya disebabkan oleh tidak lancar nya pencernaan atau juga karena masuk angin. Manfaatkanlah ramuan rebusan daun afrika, minum hangat – hangat dan rasakan hasiatnya.
  6. Menurunkan demam tinggi – Mungkin anda pernah mengalami keadaan seperti ini, namun pada umumnya demam tinggi lebih sering terjadi pada anak – anak kita. manfaatkan lah hasiat yang dimiliki daun afrika sebagai obat alami untuk menyembuhkannya. seduh ata rebus daun afrika segar yang sudah dicuci bersih, beri sedikit madu agar rasa nya tidak terlalu pahit kemudian minumkan ke anak yang mengalsmi demam tinggi tersebut.
  7. Menurunkan kadar kolesterol – Penyakit ini disebabkan karena asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh misalnya makanan yang bersumber dari hawani seperti daging, susu dan telur. Penyakit ini juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tidak teratur. Kolesterol dapat diturunkan dan dicegah sebelum menjadi kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa membawa penyakit lainnya. Daun afrika adalah salah satu tumbuhan alami yang sudah banyak digunakan dalam mencegah dan mengobati kolesterol tinggi.
  8. Mengobati malaria – Penyakit ini disebabkan oleh virus yang terjadi karena gigitan nyamuk malaria. Penyakit ini bisa dicegah juga bisa disembuhkan, baik dengan mengkonsumsi obat medis ataupun juga obat herbal. Daun afrika adalah salah satu tanaman alternatif untuk mengobati penyakit malaria tersebut. MInumlah ramuan rebusan daun afrika secara rutin dua kali setiap hari.
  9. Mengobati batuk – Hampir semua orang pernah mengalami penyakit yang satu ini, baik anak – anak atau pun orang dewasa. mungin selama ini kita mengobati batuk dengan cara meminum obat medis. Cobalah obat alami, misalnya dengan meminum rebusan daun afrika. Bisa juga dengan mengunyahnya secara langsung, namun cara seperti ini akan sangat terasa pahitnya.
  10. Membersihkan toksin – Toksin merupakan alah satu pemicu sel kanker. Kandungan yang dimiliki tanaman daun afrika ini memiliki zat anti toksin yang bisa mencegah, melawan dan menghilangkan toksin dalam tubuh.
  11. Menyembuhkan infeksi – Daun afrika mengandung zat yang bisa menetralkan racun yang bisa menyebabkan infeksi pada luka, baik itu luka dalam ataupun luka luar.
  12. Mengobati sakit kepala – Penyakit ini memang sangat sering dialami oleh setiap orang, idak termasuk anak – anak. mungkin biasanya kita sering mengobati sakit kepala dengan obat medis. Ada baiknya anda memanfaatkan ramuan rebusan daun afrika segar dan telah dicuci bersih.
  13. Mengobati dan melancarkan pencernaan – Lambung dan usus sebagai organ pencernaan harus selalu sehat agar proses pencernaan tetap normal, namun jika anda mengalami gangguan pencernaan, anda bisa memanfaatkan hasiat daun afrika dengan meminum ramuan rebusan daun dewa ini secara teratur dan rutin setiap hari.
  14. Mencegah pertumbuhan sel kanker – Sel – sel kanker dapat menyebar melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Menurut para medis penyakit ini sulit disembuhkan, hal ini menyebabkan penderita merasa cemas dan pesimis untuk sembuh. Kandungan antioksidan di dalam daun afrika bisa digunakan untuk mencegah penyebaran sel – sel kanker tersebut.
  15. Mencegah penyakit jantung – Suplai darah ke jantung haruslah bersih dari racun – racun yang dibawa oleh darah. Kandungan yang dimiliki tanaman daun afrika bisa bersifat antioksidan yang bisa membunuh racun dalam darah. Minumlah rebusan daun afrika secara rutin setiap hari agar jantung anda tetap sehat. Daun afrika ini juga bisa membantu anda jiga anda memang memiliki penyakit jantung.
  16. Menyembuhkan insomnia – Insomnia adalah suatu keadaan yang anda alami ditandai dengan susahnya tidur, atau tidak bisa tidur. Manfaatkanlah hasiat ramuan daun afrika secara rutin setiap malam sebelum tidur. Karena daun afrika ini memiliki zat yang bersifat relaksasi atau menenangkan.
  17. Menurukan berat badan – Jika anda adalah seorang yang merasa memiliki masalah pada berat badan dan hendak berniat menurunkan beratbadan. Anda bisa melakukan program diet sehat mengikuti sumber yang anda percaya. Namun admin sarankankan, program diet yang sehat dengan mengkonsumsi obat herbal atau alami jauh lebih baik dari pada obat – obatan medis. Selain olah raga teratur, mengonsumsi makanan rendah lemak serta melakukan pola hidup yang sehat, anda juga dapat memanfaatkan hasiat yang ada pada daun afrika ini. yakni dengan meminum ramuan rebusan daun akar dewa secara rutin, dua kali setiap hari.
  18. Mengoptimalkan fungsi kerja paru – paru – Daun afrika ini juga terbukti bisa melawan dan menghilangkan racun dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada didalamnya mampu menangkal radikal bebas. Minum lah ramuan dari rebusan daun afrika ini secara teratur agar paru – paru bisa bekerja atau berfungsi secara maksimal.
  19. Meredakan nyeri ( Analgesik ) – Kandungan yang dimiliki tanaman daun afrika ini juga mengandung zat yang bersifat analgesik atau pereda rasa nyeri yang alami. Hal ini sudah dibuktikan oleh international journal of pharmaceutical and biological sciences.
  20. Mengobati penyakit rematik – Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang sudah memasuki usia lanjut. Daun afrika ini dapat membantu mengobati penyakit rematik dengan meminum rebusan daun afrika secara rutin setiap hari.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tanaman asli afrika selatan ini disebut dengan nama yoruba di daerahnya. Arti dari yoruba tersebut adalah pahit. Itu karena memang rasa daun afrika ini pahit bahkan sangat pahit. Untuk itu admin sarankan untuk anda yang hendak meminum ramuan ini dan ada masalah dengan rasaa pahitnya tanaman daun afrika ini, anda bsa mencampur kan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu pahit. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk agar rasanya lebih segar.

Mengkonsumsi obat dari tanaman herbal alami sangat lebih baik dari pada obat medis. Sekian pembahasan tentang manfaat daun afrika untuk kesehatan ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

Sumber Artikel : Manfaat Daun Afrika

Leave a Reply