82 Obat Demam Tradisional, Alami Paling Efektif

Obat Demam TradisionalObat Demam Tradisional – Obat demam tradisional bisa jadi satu diantara alternatif paling utama dalam menangani demam kadang-kadang menegur badan kita. Sakit panas atau demam adalah satu penyakit yang melumpuhkan kita. Demam kerapkali bikin tubuh tak fresh, terasa tak bertenaga serta ujung-ujungnya mengharuskan kita untuk beristirahat ditempat tidur. Walau sebenarnya, ada banyak pekerjaan kantor, rumah tangga atau sekolah yang butuh kita lakukan.

Inilah Beberapa Daftar Obat Demam Tradisional serta Alami


Pada zaman saat ini, beberapa orang yang memercayakan obat apotik seperti parasetamol atau ibuprofen sebagai pertolongan pertama waktu demam. Serta beberapa orang yang melupakan kalau nyatanya ada obat demam tradisional yang juga tak kalah ampuh dibanding obat-obatan pabrik itu. Obat demam tradisional tentunya memberi resikonya yang lebih kecil serta tak kalah efisien dengan obat demam apotik. Jadi, tak ada kelirunya memakai obat demam tradisional sebagai pilihan obat pertama untuk turunkan demam. Tersebut disini contoh obat demam tradisional yang efisien serta gampang di buat :

1. Lempuyang Emprit (Zingiber amaricans)

Obat demam tradisional ini mengandung senyawa minyak atsiri yang memiliki faedah untuk turunkan panas. Umumnya yang dipakai yaitu rimpang dari tanaman ini yang berwarna putih kekuningan serta rasa-rasanya pahit. Langkah membuatnya : Bersihkan 10 gr umbi lempuyang emprit hingga bersih, lantas parut. Berikan 1/2 gelas air panas pada parutan itu serta aduk rata. Sesudah dingin, peras serta ambillah sarinya. Campur dengan 2 sendok makan (sdm) madu bunga kapuk serta aduk rata. Berikanlah ramuan ini 3 kali satu hari.

2. Kunyit (Curcuma longa)

Terkecuali jadi bumbu makanan, kunyit juga bisa bertindak sebagai obat demam tradisional. Kunyit mengandung minyak atsiri, turmeron dan jga zingiberen yang sudah memiliki faedah sebagai antibakteri, anti-oksidan dan anti-inflamasi (anti radang) . Ramun herbal ini juga bisa ikut tingkatkan ketahanan badan. Biasanya, rimpang kunyit yang berwarna oranye lah yang digunakan untuk bikin ramuan ini. Langkah membuatnya : Bersihkan 10 gr umbi kunyit hingga bersih. Parut serta berikan 1/2 gelas air panas lantas aduk rata. Sesudah dingin, peras serta ambillah sarinya. Berikan perasan 1/2 buah jeruk nipis. Lantas campur ramuan dengan 2 sdm madu bunga kapuk serta aduk rata. Untuk ramuan jadi 3 sisi serta berikanlah 3 kali satu hari.

3. Pegagan (Centella asiatica L. )

Tumbuhan herbal ini lkadang dikatakan sebagai daun kaki kuda yang umumnya tumbuh merayap menutupi tanah. Daun obat demam tradisional ini berwarna hijua serta berupa seperti kipas ginjal. Pegagan yg mengandung triterpenoid, saponin, hydrocotyline dan vellarine. Terkecuali turunkan panas, tumbuhan ini juga dapat merevitalisasi badan serta pembuluh darah dan menguatkan susunan jaringan badan. Pegagan juga berbentuk menyejukkan, memberi tenaga serta bisa memberi nafsu makan. Langkah membuatnya : Bersihkan bersih 1 genggam daun pegagan fresh, lantas rebuh dengan 2 gelas air sampai mendidih. Biarlah cairan sampai tinggal tersisa sekitaran satu gelas (250 ml) . Untuk ramuan jadi 3 sisi serta minum satu hari 3 kali.

4. Sambiloto (Andrographis paniculata)

Semua sisi dari tanaman ini bisa dipakai sebagai obat demam tradisional. Sambiloto mempunyai kandungan andrografolid lactones (zat pahit) , glucosides, diterpene serta flavonoid yang dapat turunkan suhu badan yang tinggi. Tanaman ini juga telah di teliti keampuhannya dalam menyembuhkan demam. Pada th. 1991, riset di Thailand menyebutkan kalau 6 gr sambiloto /hari sama efektifnya dengan pemberian parasetamol (obat penurun panas di apotik) . Langkah membuatnya : Rebus 10 gr daun sambiloto kering beserta 25 gr umbi kunyit kering didalam 250 ml air. Rebus sampai mendidih serta biarlah api menyala hingga airnya tinggal 100 ml. Kemudian saring ramuan. Tunggulah hingga ramuan hangat serta berikan 100 ml madu bunga kapuk atau mahoni serta aduk rata. Untuk ramuan ini jadi 3 sisi serta berikanlah 3 kali satu hari.

5. Bawang Merah (Allium cepa L. )

Terkecuali dipakai untuk memasak, nyatanya bawang merah bisa jadi obat demam tradisional yang cukup ampuh buat mengatasi. Bawang merah jga mengandung minyak atsiri, sikloaliin, kamferol, matilaliin, kuersetin serta floroglusin. Semuanya senyawa itu bisa turunkan demam serta ikut melindungi stamina badan. Langkah memakainya : Kupas 5 butir bawang merah. Parut bawang merah dengan cara kasar serta berikan dengan minyak kelapa atau baby oil seperlunya. Oleskan minyak ini ke semua badan.

6. Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb. )

Dalam pilih temulawak sebagai obat demam tradisional Anda mesti tahu terlebih dulu tentang tampilan tanamannya. Temulawak mirip temu putih, tetapi warna bunga serta rimpangnya lah yang tidak sama. Bunga temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda, sedang temu putih yg memiliki berwarna putih dengan di tepi merah. Rimpang temulawak berwarna jingga sampe cokelat sedang rimpang temu putih berwarna kuning muda. Tanaman temulawak yg ckup mengandung zat aktif germacrene, zanthorrhizol, alpha betha curcumena serta senyawa bermanfaat yang lain. Faedahnya yaitu sebagai anti-inflamasi (anti radang) , antibiotik serta bisa tingkatkan pengeluaran empedu. Sejak mulai dahulu, temulawak popular sebagai obat demam tradisional, penambah nafsu makan, menyembuhkan sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan jga pegal-pegal. Langkah membuatnya : bersihkan bersih 10 gr rimpang temulawak, lantas parut serta berikan 1/2 gelas air panas. Aduk sampai rata. Sesudah dingin, peras serta ambillah sarinya. Campur ramuan dengan 2 sdm madu bunga kapuk lantas aduk rata. Untuk ramuan jadi 3 sisi serta minum ramuan ini 3 kali satu hari.

7. Meniran (Phyllanthus niruri L. )

Tanaman meniran adalah tanaman yang tingginya dapat meraih 1 mtr., tumbuh dengan liar, daunnya bulat serta adalah daun majemuk bersirip genap. Semua sisi tanaman ini bisa dipakai sebagai obat demam tradisional. Meniran yang ckup mengandung lignan, flavonoid, alkaloid, tannin, triterpenoid dan jga Vitamin C dn sebagainya. Semua dapat berguna bagi turunkan panas serta tingkatkan ketahanan badan. Langkah membuatnya : Rebus 1 genggam meniran fresh dengan 2 gelas air hingga mendidih, lantas biarlah api menyala sampai air yang tersisa cuma 1 gelas. Untuk ramuan jadi 3 sisi serta mium 3 kali satu hari.

8. Air Kelapa

Terkecuali rasa-rasanya yang manis serta enak, air kelapa bisa jadi obat demam tradisional. Air kelapa mempunyai banyak kandungan mineral diantaranya kalium. Mineral ini bakal menolong melindungi ketahanan serta manfaat badan. Ketika demam, badan bakal keluarkan banyak cairan melalui keringat serta air urin untuk turunkan suhu badan. Dengan meminum air kelapa yang sejuk serta beri kesegaran, pasien demam bisa hindari kondisi dehidrasi atau kurang cairan. Butuh diingat kalau obat demam tradisional yang di uraikan diatas adalah dosis untuk orang dewasa atau anak yang berusia kian lebih 12 th. ke atas.

Tak ada kelirunya coba meramu obat demam tradisional sebelumnya berpindah ke obat apotik untuk meredakan demam. Tetapi apabila suhu badan serta keadaan badan tak kunjung lebih baik, janganlah sangsi berobat ke dokter untuk memperoleh perlakuan yang lebih maksimal.