23 Tips Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Dalam Darah Efektif

3 Tips Cara Mencegah Kolesterol Tinggi Dalam Darah Efektif - Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti masyarakat kini. Karena kolesterol tinggi ini bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, jantung, jantung koroner, dan lain sebagainya. Semua penyakit ini bukanlah penyakit sembarangan yang bahkan bisa mengancam nyawa penderitanya apabila tidak ditangani secepatnya. Seperti pada ungkapan dimana semua yang berlebihan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Sama halnya dengan kolesterol ini, dimana semakin tinggi tingkat kolesterol maka akan semakin berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, kita harus melakukan cara mencegah kolesterol jahat sedari dini.

Kadar kolesterol normal dalam tubuh sebenarnya sah-sah saja, karena kolesterol sebagai lemak sangat bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, tingginya kolesterol akibat pola hidup dan pola makan yang buruk bisa mengakibatkan tubuh mengalami berbagai macam resiko penyakit berbahaya. Sehingga, perlu sekali bagi kita semua untuk melakukan cara mencegah kolesterol tinggi berikut ini:

Olahraga dengan teratur

Berolahraga merupakan aktivitas fisik yang menyehatkan tubuh. Menumpuknya lemak atau kolesterol jahat dalam tubuh sebagai akibat dari kurangnya olahraga, karena lemak tidak dapat dibakar di dalam tubuh. Untuk itu, jika Anda merasa memiliki lemak berlebih dalam tubuh maka Anda harus mulai melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga teratur. Olahraga teratur minimal 3 kali dalam seminggu bisa membakar kolesterol dalam darah yang dapat mencegah tingginya kolesterol jahat pada tubuh.

Hindari makanan berlemak

Cara cerdas atasi kolesterol tinggi berikutnya adalah dengan menjauhi konsumsi makanan berlemak, terutama lemak jahat. Sebenarnya, lemak sendiri terbagi menjadi 2, yaitu kadar lemak jahat dan kadar lemak baik. Lemak jahatlah yang bisa membahayakan tubuh dan bisa memicu timbulnya aneka ragam penyakit. Adapun beberapa makanan yang mengandung lemak jahat yang bisa memicu tingginya kolesterol dalam darah adalah daging sapi, daging kambing, jeroan, gorengan, camilan, makanan manis, dan lain sebagainya.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara mencegah kolesterol tinggi berikutnya adalah dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Karena serat yang terdapat pada kedua jenis makanan ini dapat membakar lemak dengan cepat. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh.

Itulah beberapa tips cara mencegah kolesterol tinggi yang harus Anda lakukan agar tubuh terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Semoga bermanfaat, salam sehat.