3 Tips Diet Diabetes Tingkatkan Produksi Insulin Penyebab Diabetes

3 Tips Diet Diabetes Tingkatkan Produksi Insulin Penyebab Diabetes – Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan kadar gula dalam darah. Diabetes termasuk ke dalam salah satu penyakit yang menyebabkan kematian khususnya pada orang-orang di usia senja. Akan tetapi, karena faktor pola hidup dan pola makan yang tidak sehat diabetes bisa saja menyerang orang di usia yang masih muda. Penyakit diabetes sendiri sebenarnya disebabkan oleh kelebihan kadar gula yang dikonsumsi sehingga tidak dapat dikonversi oleh tubuh yang menyebabkan tubuh kekurangan hormon insulin. Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk melakukan diet diabetes mellitus ketika ia terjangkit penyakit yang satu ini.

Pentingnya mengontrol kadar gula dalam darah, sangat penting untuk mengetahui apakah Anda terkena diabetes atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mencegah secara dini dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dan mengurangi asupan gula dalam makanan yang dikonsumsi. Selain itu, dengan pemeriksaan secara dini jika Anda benar-benar terkena penyakit diabetes maka Anda harus melakukan diet diabetes untuk mengembalikan kadar gula dalam darah menjadi normal kembali. Dengan melakukan diet, seseorang yang terkena penyakit diabetes ini lebih mudah untuk mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Lalu, apa saja tips diet diabetes yang perlu diperhatikan? Kita simak ulasannya berikut ini:

Ganti dengan karbohidrat kompleks

Seperti kita ketahui, para penderita diabetes selalu dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi merah dibandingkan nasi putih. Kenapa? Karena nasi dari beras merah merupakan sejenis karbohidrat kompleks yang memiliki kadar serat tinggi dengan kandungan gula yang minimal. Maka dari itulah, penderita diabetes sebaiknya mengganti nasi putih dengan nasi merah. Selain beras merah, Anda juga bisa mengkonsumsi gandum, sereal ataupun kentang sebagai pilihan makanan berkarbohidrat kompleks.

Konsumsi banyak serat

Tips diet diabetes berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak serat seperti sayuran segar. Adapun sayuran yang dianjurkan bagi penderita diabetes adalah selada, mentimun maupun kol. Karena lebih praktis terutama bagi Anda yang tidak menyukai sayuran. Konsumsi sayuran segar lainnya juga bermanfaat, namun tetap memperhatikan cara pengolahannya.

Tambahan pro vitamin D dan berolahraga

Anda bisa menyempurnakan diet Anda dengan menambah asupan provitamin D melalui berjemur dan juga berolahraga. Karena kedua macam acara ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan produksi insulin.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai 3 tips diet diabetes yang tepat untuk meminimalisir kadar gula dalam darah dan juga meningkatkan kadar yang insulin dalam tubuh. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih. Salam sehat.

Leave a Reply