4 Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Mencegahnya

Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Mencegahnya – Karang gigi atau plak yang mengeras tidak hanya hadir akibat kotoran yang menempel pada gigi, melainkan didukung oleh adanya defisit air liur. Karena itulah, untuk menurunkan penyebab karang gigi, maka dianjurkan membersihkan dengan cara yang benar. Dental Calculus atau karang gigi juga menimbulkan bau mulut menjadi tidak sedap atau nafas pada kondisi yang sudah parah.

Perlu anda ketahui bahwa air liur sebenarnya bekerja membersihkan sisa-sisa makanan, bahkan plak di permukaan gigi. Hanya saja tidak semua dibilas oleh air liur dan akan terbentuk menjadi karang gigi yang terlihat seperti kekuningan dan kecoklatan. Untuk saat ini, belum ada obat secara alami dalam menghilangkan karang gigi. Tetapi, bisa dilakukan hanya dengan pihak medis seperti berikut dan cara mencegah alami-nya ada juga di sini.

Cara Menghilangkan Karang Gigi dan Mencegahnya

Cara Menghilangkan Karang Gigi

  • Alat Ultrasonik (Ultrasonic Scaler)
    Ultrasonic scaler tip atau alat ultrasonik adalah alat yang dibuat khusus sebagai pembersihan karang gigi sampai ke area yang sulit dijangkau atau bawah gusi. Cara kerja alat ini yakni memberikan getaran ultrasonik untuk memecah karang gigi, lantas menempatkan bagian ujung yang bentuknya runcing pada karang gigi tersebut. Ujung ultrasonic sacler akan menyemprotkan air untuk mengurangi panas dan membilasnya.
  • Alat Pembersih Manual (Scaler Manual)

Selanjutnya ada cara menghilangkan karang gigi setelah memanfaatkan vibrasi dari alat ultarsonik. Nah, metode di sini adalah dengan menerapkan alat pembersih manual. Salah satu fungsinya adalah untuk mengoreksi dan membuktikan hasil kerja dari alat ultrasonik.

Mencegahnya

1.Menyikat Gigi Secara Rutin

Dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali dalam sehari akan mencegah terbentuknya karang gigi atau plak yang mampu menyebabkan bau mulut. Setidaknya anda harus menyikat gigi secara benar. Caranya kumur dengan air biasa minimal 3 kali, barulah anda menyikat dengan arah memutar, atas ke bawah, dan kanan ke kiri hingga bagian dalam. Kumur kembali dengan air biasa minimal 4 klai hingga bersih.

2. Menggunakan Daun Sirih

Cara ini menggunakan daun sirih merupakan metode tradisional yang mampu mencegah munculnya karang gigi. Daun sirih dimanfaatkan untuk merawat rongga mulut agar tetap segar dan terjaga kesehatannya. Riset mengatakan bahwa membuat air rebusan dari segenggam daun sirih dapat membersihkan plak atau karang gigi. Air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur untuk diterapkan secara rutin.

3. Menerapkan Buah Delima

Buah delima berguna efektif dalam merawat gigi dari persoalan kesehatan, termasuk karang gigi. Anda cukup mengonsumsi secara teraturminyak biji delima. Hal ini karena kandungan di dalamnya ada berupa vitamin C yang sngat mampu memelihara kesehatan. Sehingga anda bisa mendapatkan gigi dengan senyum yang terlihat cerah dan cemerlang.

4. Mengonsumsi Buah Stroberi

Buah stroberi mampu membuat gigi tampak lebih putih dengan bekerja untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan gigi. Akan tetapi, buah strowberi mengandung asam dimana jika gigi terkena asam secara berkelanjutan mampu menimbulkan gangguan kesehatan pada gigi.

Demikian uraian mengenai cara menghilangkan karang gigi sekaligus metode dalam pencegahannya. Semoga karang gigi anda segera menghilang yang tentunya tidak baik untuk masalah kesehatan serta penampilan.

Leave a Reply