Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Tifus

Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Tifus - Tifus adalah penyakit infeksi sistemik yang disebabkan oleh kuman. Tifus atau yang bisa disebut demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan penyakit ini banyak terdapat di negara-negara berkembang, karena makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh bakteri ini.

Nah, maka dari itu saya disini akan memberikan informasi mengenai penyebab, gejala-gejala yang ditimbulkan, cara penularan dan cara mengobati secara alami dari penyakit tifus itu sendiri agar anda dapat lebih berhati-hati dan mencegah terinveksi penyakit ini.

Penyakit tifus atau tipes ini biasanya menyerang tubuh seseorang jika keadaan tubuh orang tersebut kurang fit atau daya tahan tubuh yang lemah karena terlalu capek dan sering makan secara tidak teratur dan makanan yang dimakan kurang higienis, dan penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak dan orang dewasa. Kemudian ada beberapa gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tipes ini tapi terkadang orang-orang tidak menyadari gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Cara Penularan Tipes


Cara penularan tipes ini biasanya:

  • Melalui makanan atau minuman yang sudah tercemar oleh bakteri Salmonella.

  • Penderita dapat menularkan penyakit ini jika penderita meyajikan, dan memasak makanan atau memegang barang-barang yang biasanya digunakan untuk makan tanpa mencuci tangan dengan bersih dulu.

  • Bisa juga disebabkan karena air yang diminum atau yang digunakan untuk mencuci peralatan makan seperti piring, gelas dan sebagainya atau mencuci sayur serta buah-buahan yang sudah tercemar oleh bakteri ini.


Gejala-gejala Tipes


Cara mengobati suatu penyakit terlebih dulu kita harus mengetahui gejala-gejalanya agar bisa cepat di tangani karena jika penyakit tipes ini terlambat di tangani dapat menyebabkan kematian bagi yang menderitanya, gejala-gejala yang timbul biasanya:

  • Mual-mual sampai muntah.

  • Suhu badan tinggi (demam) biasanya demam ini hanya terjadi jika malam hari sedangkan di pagi hari tidak.

  • Rambut menjadi rontok yang tidak wajar.

  • Diare.

  • Sering pingsan jika penderita sudah mengalami tipes yang kritis.


Tips Cara Mengobati Tipes


Jika anda sudah mulai merasakan gejala-gejala diatas, sebaiknya anda segera mengobati penyakit tipes tersebut sebelum bertambah parah. Saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara untuk mengobati penyakit tipes ini menggunakan bahan-bahan yang alami dengan buah dan rempah-rempah yang bisa kita dapatkan dengan mudah:

  • Brotowali ini mempunyai manfaat penting terhadap penyembuhan tifus yang bisa menurunkan panas dan menghilangkan rasa sakit yang anda derita. Caranya cukup mudah ambil batang brotowali sepanjang 6 cm beserta akarnya cuci hingga bersih, kemudian potong kecil-kecil dan direbus dengan air kurang-lebih 3 gelas sampai menjadi 2 gelas dan selanjutnya air rebusan brotowali dan akarnya tersebut diminum setelah makan. Minumlah setiap hari sehingga panas dan rasa sakit yang anda derita lekas sembuh.

  • Selain brotowali, mentimun juga mempunyai khasiat yang bisa menurunkan panas, hal ini bisa mempermudah anda karena mentimun sangat banyak di sekitar lingkungan kita. Sedangkan caranya juga mudah, ambil 2 mentimun yang muda dan lalu parut kemudian hasil parutannya tersebut di saring dan diminum sarinya maksimal 3 kali sehari dan setiap hari hingga panasnya menurun.

  • Sawo muda juga mempunyai manfaat yang tidak kalah dengan yang lainnya. Caranya silahkan anda sediakan 3 buah sawo muda lalu dicuci hingga bersih setelah itu parut 3 buah sawo muda tersebut dan peras untuk di ambil sarinya, usahakan peras menggunakan kain yang bersih, lalu minumlah sarinya. Penting untuk anak-anak usahan 1 kali minimal 2 hari sedangkan untuk orang dewasa minimal 3 hari.

  • Ambil 2 ruas jari kunyit iris-iris tipis kemudian ambil 20 lembar daun pegagan dan yang terakhir ambil 11 lembar daun sambiloto, rebus dengan 4 gelas air hingga menjadi 3 gelas lalu minum airnya sehari 3 kali.


Itulah beberapa informasi mulai dari penyebab, cara penularan, gejala dan cara mengobati penyakit tipes dengan cara yang alami. Semoga bermanfaat untuk anda!!!