Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Anemia

Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Anemia – Jumlah sel darah merah atau hemoglobin yang kurang pada tubuh menyebabkan tubuh menjadi lemah dan lesu. Inilah yang dimaksud dengan penyakit anemia. Selain itu anemia juga bisa dikarenakan sel darah merah yang rusak di dalam tubuh. Anemia jika dibiarkan secara terus menerus tanpa penanganan yang serius tentunya akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan dalam jangka panjang. Wanita sangat rentan terkena anemia. Hal ini dikarenakan pada saat menstruasi wanita mengeluarkan banyak darah kotor.
Maka dari itu sebagian besar penderita anemia adalah wanita pada umumnya. Banyak sekali yang belum mengetahui apa saja penyebab penyakit anemia itu sendiri dan juga sebagian besar orang memang sangat jarang untuk meemriksakan kadar hemoglobin nya ke dokter, padahal hal ini sangatlah penting untuk tubuh. Dengan mengetahui penyebab sakit anemia anda pun akan bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjangkit penyakit kekurangan sel darah merah ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab anemia yang perlu untuk anda ketahui.

Hal-Hal Yang Menjadi Penyebab Anemia

1. Kekurangan zat besi

Zat besi berperan aktif sebagai penghasil sel darah merah. Maka dari itu jika tubuh mengalami kekurangan zat besi, sangat rentan untuk terkena penyakit anemia. Hal ini dikarenakan zat yang fungsinya aktif memproduksi sel darah merah berkurang, maka pasokan darah merah pun juga turut demikian. Contoh makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain buah pisang, kangkung dll.

2. Umur eritrosit yang pendek

Penghancuran sel darah merah yang berlebihan bisa mengakibatkan umur eritrosit pendek. Maka dari itu penyebab lain selain karena kekurangan zat besi umur eritrosit yang pendek juga memiliki peranan besar sebagai penyebab anemia. Penghancuran sel darah merah dilakukan di dalam bagian tulang belakang.

3. Pendarahan

Hormon yang tidak normal merupakan salah satu penyebab terjadi pendarahan. Umumnya ini terjadi pada wanita. Selain itu pula stress yang berlebihan juga meningkatnya homon estrogen pada wanita merupakan faktor lain penyebab pendarahan. Pendarahan yang banyak bisa mengakibatkan anda kekurangan sel darah merah, maka dengan berkurangnya sel darah merah dalam jumlah yang banyak akan menjadikan anda terkena anemia.

4. Kelainan Antibodi

Antibodi berfungsi melindungi sel darah merah. Akan tetapi karena antibodi yang mengalami kelainan, maka sel darah merah yang seharusnya terlindungi, terjadi penghancuran yang secara berlebihan. Maka dari itu, jika dalam sel darah merah anda terjadi banyak sekali penghancuran, anda akan mengalami penyakit anemia. Kasus anemia karen kelainan antibodi ini diidap oleh 20 persen penderita anemia.

5. Melahirkan

Wanita akan mengeluarkan banyak sekali darah ketika sedang dalam proses melahirkan. Otomatis karena banyaknya darah yang dikeluarkan menyebabkan sel darah merah dalam tubuh akan mengalami pengurangan. Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya anemia. Maka dari itu biasanya wanita yang sudah selesai melahirkan akan diberikan suplemen multivitamin guna mengembalikan produksi sel darah merah kembali normal lagi.

Demikian beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya anemia. Maka anda bisa mencegah anemia dengan asupan gizi yang seimbang dan juga rajin berolahraga guna produksi sel darah merah mengalami kestabilan yang baik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *