Ini Lho 40 Penyebab Hb Rendah Pada Anemia yang Umum Terjadi

Mungkin saja Anda pernah menderita Hb rendah, kan, akan tetapi tahukah Anda apa sih yang menjadi penyebab Hb Anda rendah? Nah, artikel berikut ini akan membahas mengenai berbagai hal yang bisa sebabkan seseorang memiliki Hb rendah. Perlu Anda tahu bahwa menderita Hb rendah atau yang lebih sering disebut dengan anemia adalah suatu kondisi yang mana sel darah merah itu ada kekurangan pada Hb atau Hemoglobin. Hemiglobin ini sendiri adalah zat terpenting yang ada di dalam sel darah merah yang memiliki tugas untuk mengangkut oksigen dari paru-paru, yang kemudian harus mengantarkannya ke seluruh tubuh. Apabila kadar Hb di dalam darah kurang dari normal, maka yang terjadi transportasi oksigen ke seluruh jaringan tubuh akan mengalami penghambatan, sehingga hal ini bisa menimbulkan berbagai macam keluhan.

Kadar hemoglobin normal di dalam darah memiliki standar yang berbeda berdasarkan jenis kelamin atau pun kelompok umurnya. Untuk laki-laki dewasa nilai Hb normalnya adalah 13,5 hingga 18,0 gramdl, sedangkan untuk wanita dewasa 12 hingga 16 gram/dl, untuk wanita hamil 10 hingga 15 gram/dl, anak-anak 11 hingga 16 gram/dl, bayi baru lahir 14 hingga 27 gram/dl, bayi usia 0 hingga 1 tahun 10 hingga 17 gram/dl, dan bayi di bawah 3 tahun 9 hingga 15 gram/dl. Seseorang yang mempunyai Hb rendah memiliki ciri-ciri diantaranya badan yang mudah lelah, kurang semangat, mudah sakit kepala, wajah pucat, ujung jari pucat, rambut mudah rontok, denyut jantung tidak teraturbagian dalam kelopak mata berwarna pucat, sesak nafas, dan kekebalan tubuh yang menurun.

Lantas apa sih yang sebabkan Hb rendah?

Perlu Anda tahu bahwasannya sesorang terkadang tidak menyadari bahwasannya ia memiliki Hb yang rendah, mungkin saja ia hanya merasakan tubuhnya yang sering letih, lemah, dan juga lesu sehabis ia melakukan tes darah ternyata kadar hemoglobinnya rendah. Oleh sebab itulah Anda harus lebih memperhatikan berbagai kondsi yang nantinya akan menjadi penyebab Hb rendah, seperti yang akan kami paparkan berikut ini.

Kekurangan zat besi

Salah satu penyebab Hb rendah yang paling utama adalah kurangnya asupan zat besi di dalam tubuh. Zat besi ini adalah unsur utama pembentukan sel darah merah. Oleh sebab itulah bila zat besi di dalam tubuh sedikit, maka kadar Hemoglobin pun juga akan rendah. Untuk itulah sangat penting sekali bagi Anda untuk selalu menyediakan makan makanan yang banyak mengandung zat besi di dalam menu harian Anda, sebab hal ini bertujuan untuk menghindari dari anemia. Nah, makan makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya daging merah, ayam, sayur hijau, hati, telur, dan juga susu.

Gangguan penyerapan zat besi

Beberapa kasus yang sering terjadi bahwasannya meskipun seseorang mengkonsumsi suplemen atau pun makan makanan yang mengandung zat besi tinggi, akan tetapi terkadang kada Hb nya ternyata masih rendah. Nah, dalam kasus yang seperti ini, maka ada kemungkinan bahwasannya penyebab Hb rendah adalah karena adanya gangguan penyerapan zat besi. Yang mana gangguan penyerapan zat besi ini bisa saja terjadi karena zat tertentu yang justru bersifat mengikat zat besi, sehingga tubuh pun akan mengalami kesulitan untuk menyerap zat besi tersebut. Sehingga sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi suplemen atau pun makan makanan yang mengandung zat besi bersamaan dengan makan makanan yang sudah kami sampaikan di atas. Namun bila Anda ingin memakannya, silakan beri jeda waktu minimal 1 jam.

Kurangnya produksi eritrosit

Ini merupakan salah satu penyebab utama Hb rendah yang umumnya disebabkan oleh adanya gangguan atau pun kelainnan di sumsum tulang belakang. Sumsum tulang belakang ini adalah tempat produksi sel darah merah atau pun eritrosit, sehingga bila mengalami gangguan, maka produksi Hb nya pun juga akan mengalami penurunan. Gangguan yang seperti ini umumnya berlangsung karena ada kelainnan genetik yang mana sumsum tulang belakang susah dalam memproduksi eritrosit atau pun karena proses penghancuran sel darah merah yang terlalu cepat, tanpa harus diimbangi dengan kemampuan sumsum tulang belakang untuk bisa hasilkan sel darah merah pengganti.

Itulah penyebab Hb rendah pada anemia yang umum terjadi yang dapat kami infokan pada Anda semua, mudah-mudahan saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a Reply