Makanan Penambah Kualitas Tidur

Makanan Penambah Kualitas Tidur – Tidur nyenyak di malam hari merupakan salah satu hal alamiah yang paling mudah dilakukan hanya sebagian orang. Orang yang mempunyai kualitas tidur yang baik tentunya telah menerapkan gaya hidup sehat. Sedangkan orang yang mempunyai kualitas tidur yang kurang dapat terjadi akibat dari kehidupan yang sibuk, sehingga melupakan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat.

Hari ini, kita akan mengulas tentang Makanan Penambah Kualitas Tidur agar tidur terjaga dan mendapatkan manfaat dari tidur kita. Seperti halnya diatas bahwa kehidupan yang sibuk dan jadwal yang melelahkan membuat kita kurang memperhatikan makan dengan baik, dan kebiasaan makan yang buruk dapat menjauhkan kita dari tidur dengan kualitas tidur yang baik dan cukup sepanjang hari.

Dr Luigi Gratton berbagi kiat-kiatnya mengenai nutrisi yang baik agar bisa tidur nyenyak. Menurutnya : “Disaat kita sibuk, kecenderungannya kita makan lebih sedikit dari yang seharusnya selama siang hari, lalu kemudian makan lebih banyak dari yang seharusnya di malam hari. Ini adalah kebalikan dari apa yang seharusnya kita lakukan,” kata Luigi Gratton, M.P.H., dan Wakil President dari Pendidikan Nutrisi.

Gratton menyarankan agar kita waspada terhadap makanan tertentu yang dapat berdampak pada pola tidur. Makanan berportein tinggi dapat membantu menstimulasi produksi kimiawi di otak yang tetap membuat kita terjaga. Sedangkan makanan dengan lemak rendah serta karbohidrat tinggi dapat dicerna dengan lebih cepat dan menstimulasi produksi ragam kimiawi di otak yang membantu relaksasi dan membantu tidur. Sehingga, kita bisa mempunyai gambaran bahwa hal terbaik untuk memilih protein tinggi untuk sarapan dan saat makan siang akan membuat kita tetap terjaga sedangkan karbohidrat untuk makan malam.

Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan juga yogurt adalah pilihan yang baik karena kalsium membantu otot lebih santai dan merupakan nutrisi yang baik bagi tidur yang berkualitas. Makan ringan di malam hari, seperti salad, sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang polongan bisa jadi artenatif. Satu mangkuk sup kacang-kacangan dengan salad dan buah-buahan dapat sebagai makanan penutup yang tepat. Selain itu, Jus Buah juga merupakan salah satu alternatif .

Jika anda suka kopi atau teh yang tentunya mengandung kafein, maka minumlah secara bijak. Kenapa?? Sejatinya, teh bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara benar. Selain itu, kafein merupakan stimulan, jadi meminum satu cangkir kopi sebelum tidur bukanlah hal yang bijaksana. Baik kafein ataupun alkohol dapat mengganggu pola tidur anda. Anda mungkin dapat tertidur akan tetapi tidak dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini membuat Anda sukar untuk mencapai tingkat ternyenyak dan terlelap yang terbaik saat Anda tidur.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Makanan Penambah Kualitas Tidur. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita guna mendapatkan tidur yang berkualitas. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply