Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional (Serta Pencegahan)

Obat Gusi Bengkak Medis serta Tradisional (Serta Pencegahan) – Apakah anda sedang bingung, bagaimana cara menghilangkan gusi bengkak dengan efektif. Tetapi sebelum berjalan lebih jauh membahasnya dari tulisan kali ini, ada baiknya anda mengetahui masalah terjadinya gusi bengkak. Mungkinkah penyakit tersebut berbahaya? Nah, umumnya gusi bengkak akibat adanya karang gigi dan kurangnya perawatan pada gigi.

Gusi bengkak termasuk penyakit serius yang timbul pada mulut karena jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan infeksi pada gusi itu sendiri. Bagi penderita akan mendapatkan efek menyiksa, lantaran rasa sakit yang mana gusi meradang hingga terasa ke kepala sekaligus muncul bau mulut. Buruknya gusi bengkak mampu memicu sakit gigi. Adapun obat gusi bengkak dapat anda aplikasikan secara medis maupun tradisional yang akan dibahas lebih lanjut di bagian berikut.

Obat Gusi Bengkak Medis dan Tradisional (Serta Pencegahan)

Obat Gusi Bengkak Medis

  • Ponstan

Ponstan adalah obat gusi bengkak yang bisa anda temukan di apotik. Kandungan obbat tersebut mengandung asam mefenamat berkisar 250 mg/kapsul. Asam mefenamat memang berguna mengurangi pembengkakan atau obat analgesic anti inflamasi.

  • Cataflam

Cataflam merupakan obat gusi bengkak yang berasal dari jenis obat diclofenat. Cataflam sendiri telah dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan sakit gigi. Terbukti dari kandungan diclofenat termasuk jenis obat analgetik yang bermanfaat baik untuk meredakan rasa nyeri atau ngilu.

  • Antalgin

Antalgin termasuk obat yang sangat terkenal dalam dunia medis untuk meredakan nyeri pada gigi yang dikarenakan gusi bengkak. Efek anti nyeri yang terkandung di dalam obat cukup kuat, bahkan lebih kuat dari asam mefenamat. Karena itulah, dokter gigi biasa memberikan resep antalgin yang dipadukan dengan obat relaxant otot.

Obat Gusi Bengkak Tradisional (Serta Pencegahan)

1. Gambir

Siapkan gambir 3 potong dan empu kunyit 1/2 jari untuk diiris tipis, kemudian direbus dalam panci berisi 2 gelas air. Tunggu mendidih hingga menyisakan 1 gelas. Air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur selagi masih hangat. Setidaknya harus dilakukan 3 hingga 4 kali sehari.

2. Bayam Duri

Pilihlah bayam duri secukupnya dan bakar dengan alas dari genteng. Setelah itu, ditumbuk sampai menghalus. Terapkan ramuan tradisional ini layaknya salep untuk diusapkan pada seluruh daerah gusi yang terasa sakit. Lakukan sampai gusi bengkak anda mulai mereda dengan baik.

3. Kulit Andong

Proses pembuatan yang dilakukan dengan membersihkan kulit andong dengan air. Kupas setelahnya dan campurkan garam secukupnya, lantas aduklah hingga merata. Barulah anda menerapkannya ke gusi bengkak yang sakit secara perlahan. Untuk hasil maksimal aplikasikan secara rutin.

4. Krokot

Menyediakan tanaman krokot sebanyak 200 gram dan air 3 gelas. Kulit krokot dicuci bersih, selanjutnya direbus ke dalam 3 gelas air hingga mendidih dan menyisakan cukup 1 gelas saja. Biarkan sampai mendingin dan minumlah setelahnya hingga habis. Harus diterapkan sampai gusi bengkak sembuh.

Pencegahan Gusi Bengkak

  • Sebaiknya setelah makan, menjelang tidur malam hingga bangun tidur lagi lakukanlah penyikatan gigi secara baik dan benar.
  • Jika mulut anda terasa kering, berarti ada masalah dengan pasta gigi atau obat kumur, segeralah berkonsultasi dengan dokter gigi.
  • Seharusnya anda rajin secara rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel di gigi, setiap 6 bulan sekali.
  • Konsumsilah buah dan minuman suplemen yang mengandung vitamin C, asam folat, kalsium untuk pencegahan gusi bengkak.

Tidak terasa telah usai pembahasan tentang cara mengobati gusi bengkak. Ada dua metode, yaitu medis dan tradisional maka tidak perlu bingung pilih yang mana. Anda bisa memilih salah satu saja asalkan mampu menghasilkan efek positif. Setelah sembuh nanti lakukanlah pencegahan yang baik supaya terhindar dari gusi bengkak.

Leave a Reply