Tips Menjaga Kebugaran di Sela-Sela Kesibukan

Tips Menjaga Kebugaran di Sela-Sela Kesibukan – Padatnya aktivitas sehari-hari seringkali membuat kita tidak sempat berolahraga ke pusat kebugaran. Ditambah lagi dengan kemacetan dan jam kerja yang panjang. Sekali dalam seminggu mungkin anda dapat menemukan waktu untuk sekedar jogging sekitar lingkungan tempat tinggal, namun itu tidak cukup untuk menjaga stamina anda. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun aktivitas fisik dalam kesibukan sehari-hari :

Tips Menjaga Kebugaran

Tips Untuk Pria :

  • Cobalah untuk bangun tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Jogging selama 15 menit di pagi hari sebelum anda bersiap ke kantor atau di malam hari sepulang dari kantor dinilai sangat efektif.
  • Gunakan tangga di kantor anda, dan hindari penggunaan lift. Semakin banyak anak tangga yang anda naiki akan semakin baik.
  • Hindari penggunaan telepon untuk menghubungi orang-orang yang berada dalam gedung yang sama dengan anda. Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka secara langsung. Hal ini dapat membantu anda bersosialisasi, juga merupakan cara yang bagus untuk membakar kalori.
  • Bila pekerjaan anda hanya pada satu tempat saja dan tidak mobile, berdirilah tiap satu jam sekali dan lakukan peregangan tubuh. Bungkukkan tubuh anda dan sentuh jari-jari kaki anda dengan jari-jari tangan. Ulangi selama 5 kali tiap 1 jam sekali. Selain itu, cobalah juga mengangkat dan menurunkan kaki anda secara bergantian. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengencangkan otot-otot betis.
  • Setiap akhir minggu, cucilah sendiri mobil anda mulai dari membersihkan sampai memolesnya, dari bagian luar hingga bagian dalam. Aktivitas ini dapat menghilangkan stress, juga dapat mengencangkan otot-otot perut.
  • Bila anda telah memiliki anak, sering-sering lah bermain dan beraktivitas dengan mereka. Bermain kuda-kudaan, tangkap bola, atau bermain dengan anjing dapat membakar sejumlah kalori dalam tubuh anda sekaligus menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak.

Tips Untuk Wanita :

  • Pekerjaan rumah bukan hanya dapat membakar kalori, tetapi juga dapat melatih otot-otot perut. Menyapu, mencuci baju, merapihkan perabotan rumah merupakan cara-cara yang efektif dalam menurunkan berat badan pada wanita.
  • Window shopping adalah salah satu cara membakar kalori dalam tubuh anda. Ini merupakan kabar menggembirakan untuk para wanita, bukan hanya menyenangkan untuk mata dan pikiran, tapi juga untuk tubuh anda!
  • Kebanyakan ibu rumah tangga mengawali hari dengan aktivitas yang hectic seperti mengantarkan anak ke sekolah dan lain-lain. Kabar baiknya adalah, para ahli mengatakan bahwa sore hari adalah waktu terbaik untuk berolahraga karena tubuh anda lebih ringan di sore hari. Jadi gunakan waktu luang anda di sore hari dengan sebaik-baiknya, maksimalkan olahraga di saat anak anda masih berada di sekolah atau sedang tidur siang.
  • Untuk para wanita yang bekerja, aktivitas mencuci muka dan membenarkan make up sebaiknya anda lakukan di kamar mandi pada lantai di atas atau di bawah anda. Gunakan tangga untuk menuju kesana.
  • Berdirilah saat menonton televisi sambil berjalan di tempat. Di saat iklan, tambahkan kecepatan berjalan anda hingga anda merasa sedikit terengah-engah. Anda dapat menambahkan latihan peregangan tangan selama berjalan di tempat.
  • Bila anda gemar melakukan pekerjaan seperti menjahit atau merajut, lakukanlah pada kursi goyang, dan gerakkan ke depan dan belakang. Bahkan gerakan kecil dapat mengeliminasi sejumlah kalori pada kaki, perut, dan pinggul. Gerakan maju dan mundur di kursi goyang juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Aktivitas ini memang membutuhkan sedikit sekali energi, namun tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.

Demikianlah tadi beberapa Tips Menjaga Kebugaran di Sela-Sela Kesibukan. Semoga dapat memberikan informasi serta menambah wawasan kita agar senantiasa bugar dalam beraktifitas. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Leave a Reply