Menu Diet Sehat dan Tips Ampuh Turunkan Berat Badan

Menu Diet Sehat dan Tips Ampuh Turunkan Berat Badan

Mengkombinasikan menu diet sehat yang cocok untuk menurunkan berat badan terkadang memang sangat sulit untuk dilakukan, akan tetapi keberhasilan suatu diet juga tergantung dari besarnya keinginan dan kosistensi dari para pelaku program dalam menjalankan perogram dietnya. Pola makan yang sehatdan terjadwal dengan baik, merupakan salah satu dari berhasilnya program diet yang di lakukan.

Tips menurunkan berat badan

Hal pertama yang harus di lakukan ketika memutuskan untuk menjalankan program diet yaitu menghindari makanan berkalori tinggi dan makanan yang mengandung banyak lemak, seperti daging, keju dan makanan lainnya yang memiliki kandungan lemak tinggi, dan menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat alami dan juga protein nabati, yang bersumber dari buah-buahan, sayuran serta kacang-kacangan.

Menu diet sehat dapat Anda peroleh dari berbagai macam makanan yang tinggi akan serat akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dicerna oleh lambung. Oleh karena itu, serat sangat efektifuntuk digunakan sebagai makanan penunda lapar. Tidak hanya itu saja, ternyata serat juga dapat memperlambat konsentrasi insulin dalam darah. Tingginya kadar insulin dalam darah dapat menjadi salah satu faktor dari pemicu rasa lapar. Itulah yang membuat serat sangat dibutuhkan pada saat menjalankan program diet.

Olahraga teratur dan seimbang merupakan aktifitas yang dapat membantu untuk memberikan hasil yang optimaluntuk program diet Anda, karena dengan melakukan olahraga yang teratur dapat membuatmengeluarkan timbunan lemak secara alami melalui keringat. Jadi apabila Anda masih merasa malas untuk melakukan olahraga, namun lebih menekankan pada pola makan sehat untuk diet, maka menu diet sehat yang ampuh untuk menurunkan berat badan berikut ini mungkin dapatAnda jadikan referensi untuk menjalankan program diet sehat Anda.

Menu diet untuk menurunkan berat badan

Menu diet pagi hari yang sehat

ketika sarapan pagi Anda dapat mengganti kuning telur atau keju yang biasa Anda digunakan untukmembuat omelet dengan menggunakan sayuran seperti brokoli, jamur atau sawi. Wlaupun kandungan kalori pada sayuran cukup rendah, namun akan cukup mengenyangkan sampai siang hari. Selain itu sayuran juga memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Jadi, meskipun Anda lebih banyak mengkonsumsi sayuran untuk sarapan pagi, akan tetapi tetap terasa menyenangkan.

Untuk yang telah terbiasa sarapan pagi dengan mengkonsumsi roti atau sereal, mulai saat ini Anda dapat menguranginya atau menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran ataupun buah-buahan segar seperti pisang, apel, atau jeruk.

Menu diet siang hari yang sehat

Ketika Anda sedang menjalankan program diet, sebaiknya Anda dapat mengontrol nafsu makan, terutama pada siang hari, agar diet Anda bisa berjalan dengan sukses. Apabila pada saat makan siang anda telah terbiasa untuk mengkonsumsi makanan berat yang tinggi kalori serta karbohidrat mulai sekarangAnda harus dapat menguranginyadan menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar. Untuk mensiasatinya, Anda dapat mengganti nasi dengan kacang-kacangan yang rendah kalori. Walaupun perbandingan porsinya sama dengan nasi, namun menu diet tersebut mengandung kalori lebih rendah bila dibandingkan dengan makanan yang setiap hari biasa Anda konsumsi untuk makan siang.

Menu diet malam hari yang sehat

Untuk menu makan malam sebaiknya anda lebih berhati-hati, kebutuhan kalori pada saat beraktifitas di siang berbeda dengan malam hari, oleh karena itu Anda harus lebih berhati-hati dengan menu makan malam yang Andakonsumsi. Hindari makanan yang tinggi akan lemak dan kalori. Untuk menu diet sehat pada malam hari. Anda dapat mengkonsumsi ikan, sebab dengan kandunganprotein dan omega3 yang terdapat pada ikan sudah cukup untuk memenuhi asupah gizi Anda, selain itu Omega-3 sangat baik juga untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan perkembangan otak.

Anda juga dapat mengkombinasikan menu diet dari ikan ini dengan menambahkan sayur-sayuran atau buah-buahan, akan tetapi dengan porsi yang cukup serta tidak berlebihan. Apabila Anda menganggap bahwa coklat merupakan salah satu makanan yang harus Anda hindari pada saat diet, maka Anda salah besar, karena dengan mengkonsumsi coklat saat malam hari dapat menghilangkan rasa lapar dan juga mengurangi nafsu makan Anda. Akan tetapi tentu saja, coklat yang Anda konsumsi harus dalam jumlah yang terkontrol.

Leave a Reply