Tips Diet Sehat dan Alami Untuk Remaja

tips diet untuk remaja

Tips Diet Sehat dan Alami Untuk Remaja

Banyak yang mengatakan bahwa masa remaja adalah masa yang paling indah dalam kehidupan setiap manusia. Penampilan menjadi hal utama pada masa remaja ini, sehingga para remaja akan selalu menomor satukan hal ini. Biasanya permasalahan yang paling banyak dihadapi oleh para remaja adalah bentuk tubuh yang dirasa tidak ideal, seperti berat badan yang berlebihan. Berat badan yang berlebihakan sangat mengganggu rasa percaya diri para remaja, sehingga dapat menimbulkan perasaan minder. Salah satu cara untuk mengatasi masalah berat badan ini adalah dengan melakukan diet ketat, akan tetapi remajatidak dapat melakukan diet ketat dengan sembarangan, sebab tubuhnya masih membutuhkan banyak nutrisi untuk masa pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa tips diet untuk remaja yang sehat dan alami yang dapat diterapkan agar cara cepat kurus dan langsing namun tetap sehat:

Membatasi waktu menonton TV atau bermain video game

Cobalah untuk mengganti acara menonton TV maupun bermain video game dengan permainan gerak yang melibatkan fisik. Biasanya remaja yang kelebihan berat badan lebih banyak menghabiskan waktunya di depan televisi ataupun bermain video game. Oleh karena itu mengganti waktu tersebut dengan permainan ataupun olahraga seperti lompat tali, sepakbola, bola basket, kasti maupun permainan lainnya yang melibatkan kegiatan fisik merupakan tips diet untuk remaja yang sehat dan alami, sehingga sangat dianjurkan agar dapat membakar lemak yang bisamengakibatkan kegemukan.Sebaliknya apabila jarang berolahraga, maka makanan yang menumpuk pada tubuh akan berubah menjadi lemak, yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Menjauhkan minuman bersoda

Selain makanan, minuman bersoda juga dapat menjadi salah satu pemicu dari meningkatkan jumlah kegemukan pada remaja. Hal ini karena kandungan gula pada soda bisa lebih dari 100 kalori/porsi dan biasanya remaja dapat minum 3 sampai 4 kali minuman bersoda setiap harinya. Oleh karena iu megganti minuman bersoda dengan lebih banyak meminum air putih akan sangat baik untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Menggunakan piring kecil pada saat makan

Pada saat menghabiskan makanan yang terdapat di piring, maka otak akan memberikan sinyal bahwa kita sudah kenyang. Oleh karena itudengan menggunakan piring yang lebih kecil maka pada saat kita menghabiskan makanan akan memberikan isyarat visual pada otak bahwa kita sudah kenyang dengan meghabiskan sepiring penuh makanan.

Memberi tantangan

Sebagian besar remaja sangat suka dengan sebuah tantangan, sehingga hal itu dapat digunakan sebagai salah satu tips diet untuk remaja yang sehat dan alami dapat menurunkan berat badan. Memberi tantangan kepada remaja untuk tidak memakan junk food, minuman bersoda serta makanan yang berkalori tinggi dan menggantinya dengan makanan yang sehat akan sangat bermanfaat ubtuk membantu menurunkan berat badan pada remaja. Apabila ia berhasil melakukan tantangan tersebut, berilah penghargaan yang berguna untuk kesehatannya, misalnya adalah dengan jalan-jalan atau outbond bersama dengan keluarga.

Tidur dengan cukup

Apabila ingin diet yang sukses, maka kualitas dan kuantitas tidur juga harus dijaga dengan baik.. Sebab, kurang tidur dapat memicu banyak hal yang kemudian akan membuat kita menjadi kelebihan berat badan atau menambah berat badan. Sehingga secara otomatis kurang tidur dapat memicu kegagalan diet sehat yang sedang dijalani.

Membawa bekal ke sekolah

Seperti sudah diketahui, di sekolah banyak sekali jajanan yang dapat menjadi penggoda untuk diet yang sedang dijalani. Untuk itu, Janganlah lupa untuk selalu membawa bekal ke sekolah selama itu baik untuk kesehatan. Dengan membawa bekal yang sehat, maka kita dapat mengatur jumlah makanan yang akan dikonsumsi, sehingga kita juga tidak harus menahan lapar pada saat di sekolah.

Tips diet untuk remaja yang alami dan sehat tersebut saat ini sudah dapat dilakukan olehpara remaja, walaupun pada masa tersebut tubuh remaja masih memerlukan sangat banyak asupan nutrisi untuk pertumbuhannya, karena tips diet ini dilakukan dengan metode yang sehat, alami serta baik, sehingga selain mendapatkan tubuh yang langsing, tips diet ini juga dapat menunjang kesehatan para remaja.

Leave a Reply