Berbagai Tips Mudah Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

Sebelum kita membahas tipsnya, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu berbagai hal mengenai perut buncit. Perut buncit banyak sekali dihindari oleh kebanyakan orang, terutama bagi kaum muda/remaja. Sebab, sebagian besar remaja sangat ingin memiliki bentuk perut yang datar atau bahkan berotot, hal ini ditujukan untuk dapat menarik perhatian lebih teman sekitarnya. Namun, ada juga beberapa orang dewasa yang ingin selalu tetap memiliki perut yang datar dengan berbagai alasan mereka sendiri.

Memiliki perut yang buncit memang menjadi salah satu masalah besar yang dapat mengganggu dalam berpenampilan. Tidak hanya perut buncit saja yang dapat mengganggu penampilan seseorang, salah satunya adalah karena memeiliki betis yang terlalu besar,

Kita kembali lagi ke topik. Perut buncit ini biasanya dialami oleh orang yang masa pertumbuhannya sudah berhenti, yang berarti dialami oleh orang yang sudah melewati batas remaja. Alasannya adalah karena tubuh remaja yang masih dalam masa perkembangan, setiap asupan yang masuk ke dalam tubuh akan diserap untuk menunjang perkembangan tubuh dan horomon.

Namun, apabila perkembangan tubuh sudah berhenti, seluruh asupan yang masuk ke dalam tubuh, sebagian besar akan diolah menjadi energi dan sisanya akan disimpan menjadi tumpukan lemak. Jika tumpukan lemak tersebut berada pada bagian perut, maka muncul lah perut buncit.

Nah, bagi Anda yang ingin tau bagaimana cara mengecilkan perut buncit, silahkan simak tips berikut ini.

Mengecilkan Perut Buncit
Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

1. Minum air putih

Mengapa minum air putih bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut yang terlalu besar alias buncit? Jawabannya adalah karena dengan cukup mengkonsumsi air putih dapat memperlancar metabolisme tubuh dan juga memperlancar pencernaan. Minum air putih juga dapat membantu mendukung program diet sebagai pengganjal rasa lapar. Dalam sehari dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas.

2. Memilih makanan

Salah satu penyebab perut menjadi buncit adalah karena banyak terdapat tumpukan lemak pada bagian perut. Nah, lemak itu sendiri dihasilkan dari apa saja asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya kita memilih makanan yang lebih sehat dan menghindari junk food atau makanan cepat saji.

Pilihlah makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Berikut adalah beberapa makanan yang banyak mengandung serat: apel, pisang, pir, alpukat, pepaya, jagung, brokoli, kacang-kacangan, dan kentang. Selain mengkonsumsi makanan yang berserat, jauhi juga makanan yang banyak mengandung lemak dan gula yang berlebihan.

3. Olahraga dan Senam

Jika Anda lebih memilih latihan fisik untuk mengecilkan perut, maka olahraga dan senam lah yang menjadi jawabannya. Beberapa olahraga yang cocok untuk itu adalah sit-up, push up, dan squat untuk pria, sedangkan untuk wanita adalah dengan bermain hula hoop dan lompat tali.

Senam juga merupakan salah satu pilihan yang cocok. Carilah gerakan senam dengan gerakan yang cocok dan mudah untuk dilakukan sendiri dirumah.

4. Pola hidup

Pola hidup juga menjadi salah satu faktor utama akan bentuk tubuh seseorang. Jauhilah beberapa kebiasaan buruk dalam hidup dan gantilah dengan yang lebih sehat dan bermanfaat. Berikut adalah pola hidup yang cocok untuk mengecilkan perut buncit: hindari makan sebelum tidur, perbanyak menkonsumsi air putih, kunyah makanan lebih lama agar mudah dicerna oleh tubuh, istirahat yang cukup, dan yang pasti kurangi kebiasaan ngemil dan kurangi juga porsi makan.

7 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

Hampir 90 % bagian dari tubuh kita mengandung air. Air putih sangat vital peranya bagi tubuh kita. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih juga dapat menjaga kesehatan jantung kita, menyehatkan kulit, membuang racun yang ada dalam tubuh kita, dan banyak lagi manfaat dari air putih. Kita dianjurkan meminum minimal 8-9 gelas air putih / hari, air yang cukup sangat membantu kita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita

Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Kita
Manfaat Air Putih

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Air putih yang cukup dapat mengurangi resiko serangan jantung hingga 41 %. Bagi anda yang sangat peduli dengan kesehatan sebaiknya meminum 8-9 gelas air putih setiap harinya.

2. Membuang Racun di Dalam Tubuh

Air putih sangat berperan penting dalam menetralisir racun dalam tubuh kita. Racun dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui keringat dan urine kita.

3. Mencegah Sakit Kepala

Jika tubuh kita kekurangan air putih maka akan terjadi dehidrasi yang dapat memicunya sakit kepala. Dehidrasi sangat sering menjadi faktor penyebab terjadinya sakit kepala. Oleh karena itu konsumsi air putih yang cukup dapat mengurangi resiko sakit kepala.

4. Menjaga Konsentrasi

Sebagian besar dari otak manusia terdiri dari air, sehingga dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat selalu menjaga konsentrasi pikiran kita.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Air dalam tubuh kita berperan penting dalam menjaga kelembaban kulit dan mecegah penuaan dengan cara memberikan nutrisi pada kulit kita. Jadi mengkonsumsi air putih bisa menjadi cara hemat dan mudah agar kita tetap awet muda.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Air dapat menjaga ginjal kita agar dapat bekerja dengan normal. Jika kita kekurang asupan air putih, maka bisa menyebabkan sembelit, sehingga orang-orang yang sering mengalami sembelit / susah BAB disarankan banyak-banyak meminum air putih.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Air dapat membantu pertumbuhan rambut dan menyehatkan rambut. Air juga dapat menjaga kelembaban kulit kepala agar mengurangi resiko rambut kita berketombe.

Jadi dengan mengkonsumsi air yang cukup bisa menjadi cara hemat dan praktis untuk menjaga kesehatan tubuh kita. biasakan mengkonsumsi 8-9 gelas air putih / hari.

5 Tips Kesehatan Tubuh yang Sebaiknya Kita Lakukan

Dalam menjalani hidup sehari-hari, kadangkala kondisi tubuh kita mengalami penurunan. Mungkin karena padatnya aktivitas pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan atau kegiatan lainnya. Begitu pentingnya kesehatan sampai-sampai ada orang yang rela membayar milyaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit. Berikut akan kami sajikan beberapa tips kesehatan tubuh untuk menjaga kondisi tubuh kita agar tetap prima.

Tips Kesehatan Tubuh
Tips Kesehatan Tubuh

1. Istirahat yang berkualitas

Istirahat berhubungan dengan tempat tinggal, aktivitas dan lingkungan. Tidur malam adalah salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan pikiran dan badan. Pastikan anda selalu merasa nyaman untuk tidur malam anda, dengan suasana kamar yang sejuk, tenang (tidak berisik), dan bersih. Tidurlah dengan nyenyak tanpa pikiran selama 7-8 jam.

2. Makan makanan yang sehat

Pola makan anda akan sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Terlebih lagi makanan yang anda makan akan sangat berpengaruh terhadap “bentuk fisik” dari setiap manusia. Kalau anda mau terlihat segar, makanlah makanan yang segar-segar seperti sayur sop, sukiyaki, sayur bayam, ayam rebus, tahu kukus, buah-buah segar, dll. Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet. makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang di goreng.

3. Olahraga secara teratur

Hal yang 1 ini jangan anda sepelekan. Lupa / malas berolahraga seminggu saja dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kendur dan tubuh anda akan terasa loyo serta pikiran anda menjadi mumet. Selalu buat jadwal yang baik untuk berolahraga, misal: seminggu 3 kali atau setiap hari pun juga tidak apa-apa. Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari.

4. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena terkait / berkaitan erat dengan penampilan kita di masyarakat umum. kerapihan dan kebersihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dll dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari bertukar peralatan mandi, bersolek, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin dapat menularkan penyakit yang berbahaya.

5. Manajemen pikiran atau pola pikir

Hidup ini memang kompleks, setiap orang pasti dirundung masalah. Pikiran anda harus back to nature, maksudnya pikirkanlah apa yang harus anda lakukan untuk diri anda sendiri. Miasl: pola makan, pola tidur, pola akrifitas, rekreasi, dsb. Jangan campur adukkan pikiran anda dengan orang lain. Hadapi saja apa yang sedang anda alami saat ini, toh tidak selamanya anda bakal hidup seperti itu. Yang terpenting: buat perencanaan untuk masa depan anda, jangan urusin orang lain. Dan 1 lagi yang harus anda ingat, selalu dekatkan diri anda dengan Tuhan dan “berkomunikasilah” denganNya sesering mungkin.

Nah.. itulah 5 tips kesehatan tubuh yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar tubuh. Dengan kita menjalani dengan konsisten ke-5 tips kesehatan tubuh di atas, kita akan tetap sehat disela padatnya aktivitas kita.

5 Cara Menghilangkan Ketombe Di Rambut Secara Alami

Ketombe di rambut sangat membosankan, apalagi ketika kita bersaa teman, melihat rambut kita dengan banyak ketombe, kita tak tau harus bagaimana, semacam bnyak sampah di rambut, mungkin kawan kita akan menjauh dari kita gara gara si ketombe, nah disini ada tips untuk menghilangkan ketombe secara alami, tidak harus membeli dengan mahal mahal, cukup dengan bahan yang ada di lingkungan kita, di bawah ini saya menjelaskan 5 cara untuk menghilangkan ketombe :

Cara Menghilangkan Ketombe
Cara Menghilangkan Ketombe

1. Minyak Almond

Pemakaian minyak almond untuk mengatasi ketombe dikerjakan sesudah keramas. Keringkan rambut lantas oleskan satu sendok makan minyak almond pada bagian kulit kepala anda. Lantas ditutupi dengan handuk kering, biarlah sepanjang 30 menit. Sesudahnya bersihkan rambut anda dengan air hangat. Penggunaan minyak almond bisa digabung dengan minyak zaitun untuk memberi dampak yang lebih cepat dalam usaha mengatasi ketombe.

2. Garam

Manfaat garam dapur yaitu untuk menetralkan atau kurangi kesibukan perkembangbiakan jamur sebagai pemicu ketombe. Penggunaan garam yaitu dengan menaburkannya juga sebagai kombinasi sampo pada saat keramas.

3. Daun Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak dipakai untuk perawatan rambut serta kulit kepala. sifatnya yang khas memberi nutrisi pada rambut, sisi lendir di tanaman ini diakui bisa mengatasi masalah ketombe pada kulit kepala anda. Langkah pemakaiannya sangatlah gampang, ambil satu helai tanaman aloe vera lalu kupas. Sisi yang berlendir gosokkan pada kulit kepala dengan cara rata. Ditanggung, ini yaitu langkah paling gampang serta ampuh untuk menyingkirkan ketombe sekalian menjaga keindahan rambut. Namun sebagai masalah yaitu, saat ini susah sekali untuk temukan tanaman lidah buaya terutama di daerah perkotaan.

4. Soda Kue

soda kue memberi dampak di dalam produksi kelenjar minyak dibagian kulit kepala yang bisa menghalangi munculnya ketombe. Pemakaian cukup gampang, campur soda kue dalam ukuran seperlunya, lalu campur dengan air serta pakai seperti pada saat keramas.

5. Cuka Putih

Pemakaian cuka putih digabung dengan satu gelas air dikerjakan juga sebagai bilasan paling akhir sesudah keramas. Cuka putih di kenal pada orang-orang tradisional juga sebagai bahan aktif untuk menyingkirkan ketombe.

Langkah yang lain yaitu dengan mencampurkan minyak goreng satu sendok makan dengan cuka putih lantas pada saat keramas di pijit-pijitkan di kulit kepala sampai meresap, lalu basuh sampai bersih. Lantas bersihkan rambut memakai sampo.

Ini 5 Manfaat Menangis bagi Kesehatan

Ini 5 manfaat menangis bagi kesehatan

Menangis adalah suatu hal yang bersifat manusiawi, selain itu siapapun itu, baik pria ataupun wanita memiliki hak untuk menangis. Mungkin itu disebabkan karena mengalami kejadian yang membuat anda kecewa, sakit, kaget, dan hal lainnya, namun menangis adalah menjadi salah satu cara akhir yang paling sering dilakukan oleh setiap makhluk hidup.

Dampak yang terlihat negatif dari menangis biasanya menyebabkan seseorang cenderung bersikap menahan tangis dan mencoba untuk memberikan ekspresi yang biasa saja. Takut dianggap sebagai orang yang tidak dapat menyelesaikan masalah, takut dianggap cengeng, atau mungkin takut terlihat sebagai sosok yang memiliki emosi yang tidak stabil. Beberapa poin tersebut menjadi alasan banyak orang mengapa mereka cenderung lebih bersikap tidak menunjukkan ekspresi sedih untuk menangis.

Sebenarnya di balik anggapan di atas, sebuah penelitian telah memberikan hasil yang cukup mencengangkan dari menangis. Bila anda suka menangis dalam frekuensi yang wajar, sebaiknya anda wajib mengetahui beberapa manfaat kesehatan dari menangis di bawah ini.

Manfaat Menangis bagi Kesehatan
Manfaat Menangis bagi Kesehatan

1.Menghilangkan toksin pada bagian mata

Air mata yang keluar karena menangis akan membasahi mata yang berfungsi sebagai pencuci untuk membersihkan dan mengeluarkan racun-racun yang ada pada bagian mata. Racun yang dibiarkan mengendap dalam mata perlahan akan berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu, keluarnya air mata dalam jumlah yang berbeda bila dibandingkan dengan menguap adalah sebagai salah satu cara alami bagi mata untuk menghilangkan racun pada mata.

2.Membantu penglihatan mata

Air mata yang membasahi bagian membran mata akan selain bermanfaat untuk mengeluarkan toksin juga memiliki manfaat positif lainnya, yaitu membantu mata agar memiliki penglihatan yang lebih jelas. Hal ini disebabkan karena cairan air mata yang membasahi akan memenuhi kebutuhan cairan pada mata untuk mencegah mata mengalami dehidrasi.

3.Meminimalkan masalah pada jantung

Saat sedang sedih, biasanya seseorang akan mengalami keadaan pada bagian dada yang terasa seperti di tekan. Itu merupakan bahwa sebuah pertanda jantung akan merespon secara spontan saat anda berada dalam kondisi yang sedih. Untuk meminimalkan hal ini, menangislah. Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa responden yang cenderung menangis saat sedang sedih ternyata memiliki resiko mengalami serangan jantung yang lebih rendah bila dibandingkan dengan mereka yang menahan tangis atau menghadapi kesedihannya tanpa ekspresi apa-apa.

4.Menjadikan tubuh lebih rileks dan kuat

Mungkin anda pernah merasakan sendiri bagaimana perasaan yang timbul setelah anda menangis. Lega, tenang, dan nyaman. Dengan menangis anda juga akan menjadi seseorang yang terlatih untuk menciptakan rasa rileks dan terlihat lebih kuat pada saat mengalami hal yang sedih. Hal ini bisa terjadi karena setelah menangis, tubuh telah mengeluarkan hormon endorfin. Yaitu hormon yang sebenarnya memiliki fungsi sebagai penghilang rasa sakit bagi tubuh.

5.Menurunkan tingkat depresi

Menangis yang disebabkan karena sedih akan menciptakan sebuah perasaan yang berujung pada sebuah hal yang sering terpikirkan nantinya. Namun dengan menangis, protein albumin yang diproduksi oleh mata karena menangis dapat membantu tubuh untuk meregulasi metabolisme tubuh sehingga tingkatan depresi yang dialami akan menurun. Selain itu, menurunnya tingkat depresi karena menangis secara otomatis akan meningkatkan mood anda menjadi lebih baik.

Itu dia 5 manfaat dari menangis bagi kesehatan yang wajib anda ketahui. Karena itu beruntunglah anda bila menangis karena beragam alasan. Karena dengan menangis anda telah mendapatkan beberapa manfaat seperti yang dijelaskan di atas.

Gangguan kesehatan yang disebabkan karena duduk terlalu lama

Gangguan kesehatan yang disebabkan karena duduk terlalu lama

Saat menyelesaikan pekerjaan di kantor, waktu berjalan tidak akan terasa. Bisa jadi anda justru akan merasa malas untuk mengangkat tubuh anda karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Atmosfir dalam dunia kerja di kantor sangat identik dengan yang namanya duduk dan berhadapan dengan komputer. Tanpa disadari anda telah mengabaikan beberapa hal yang sebaiknya dihindari, seperti membatasi waktu saat berhadapan dengan layar monitor, melakukan jeda, terlalu fokus, dan masih banyak lagi.

Aktivitas yang dilakukan dengan keadaan duduk dan dilakukan secara berkelanjutan memiliki efek negatif bagi kesehatan. Apalagi jika anda setiap harinya menghabiskan waktu dengan duduk, jarang olah raga, kemudian melupakan tubuh untuk memberikan asupan cairan. Kondisi tersebut bisa menjadikan salah satu awal dari berbagai gangguan kesehatan. Berikut adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena terlalu lama duduk di depan layar komputer.

1.Gangguan pada mata

Pada saat berada di depan komputer, sebaiknya jangan abaikan untuk memberikan jeda pada mata untuk beristirahat. Mata yang terlalu fokus layar monitor dalam waktu lama bisa menyebabkan gangguan pada mata, seperti resiko mata mengalami plus atau silinder.

2.Anyang-anyangan

Merasa sakit ketika buang air kecil atau nyeri dan terlihat seperti lendir yang keluar saat buang air kecil bila terjadi pada pria, hal tersebut adalah adalah dampak yang dapat dirasakan tubuh secara langsung. Penyebab anyang-anyangan adalah karena infeksi saluran kemih, atau bisa juga karena tubuh mengalami dehidrasi.

Terlalu lama duduk saat bekerja biasanya akan membuat anda lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih. Sehingga anyang-anyangan menjadi salah satu gangguan yang paling sering dialami bagi mereka yang sering duduk berlama-lama saat bekerja tanpa memperhatikan asupan cairan.

3.Gangguan pencernaan

Rutinitas yang berkelanjutan dan mengabaikan waktu makan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi jika anda sering duduk dalam waktu yang lama. Kesibukan seakan melupakan anda pada kebutuhan perut yang butuh asupan nutrisi untuk menambah energi. Maag menjadi salah satu gangguan yang paling sering dialami bagi mereka yang setiap harinya bekerja di depan komputer.

Bukan hanya tidak teraturnya pola makan, tetapi hal lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah seperti mengkonsumsi obat-obatan, alkohol, stres, kemudian bisa juga yang disebabkan karena pola tidur yang tidak teratur.

4.Stres

Tingginya tingkat kesibukan dan tekanan sehari-hari menjadi salah satu penyebab timbulnya stres. Jika tidak dikelola dengan baik, maka bukan hal yang mustahil akan berdampak pada kesehatan. Karena ketika kondisi otak sedang berada dalam sebuah tekanan, maka secara otomatis otak akan melepaskan hormon yang bertugas untuk menyuplai energi pada tubuh untuk menghadapi situasi yang sedang terjadi saat itu.

Ketika tidak dapat mengelola stres dengan baik maka memicu berbagai penyakit. Seperti sakit kepala, masalah pencernaan, iritasi kulit, hingga menjadikan daya tahan tubuh menurun. Maka dari itu stres menjadi gangguan kesehatan yang paling sering ditemukan dalam dunia kerja, termasuk di dalamnya bagi mereka yang setiap harinya beraktivitas dengan duduk dalam waktu yang lama atau di depan komputer.

5.Gangguan peredaran darah

Hal lainnya yang bisa terjadi adalah sistim peredaran dalam darah yang terganggu, bisa di picu karena tubuh kurang gerak bisa menjadi salah satu gangguan yang berpotensi dialami oleh mereka yang sering duduk dalam waktu yang lama. Sebaiknya berikan sedikit waktu setiap beberapa jam agar tubuh bergerak dan membiarkan peredaran darah mengalir dengan lancar dengan cara melakukan jalan-jalan kecil, atau bisa saja diatasi dengan cara melakukan sedikit peregangan ototdi ruang kerja. Jangan biarkan beragam penyakit akan mendatangi anda, misalnya seperti stroke atau jantung.

Cara mengenali kondisi tubuh yang tidak sehat

Cara mengenali kondisi tubuh yang tidak sehat

Kesehatan adalah segala-galanya, tanpa tubuh yang sehat anda tidak dapat melakukan beragam aktivitas setiap harinya. Sekalipun anda memiliki jadwal kesibukan yang padat, dengan kondisi tubuh yang prima anda akan dapat melakukan segalanya dengan maksimal. Tetapi bagaimana jika tubuh anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat, pastinya beragam hambatan harus dialami dan menyebabkan produktivitas menjadi menurun.

Beberapa tanda tubuh yang sehat dapat dirasakan dan di lihat secara langsung. Selain itu anda juga dapat menganalisa dengan berbagai keluhan yang timbul setiap harinya. Mengetahui beberapa hal tersebut bisa dijadikan acuan tertentu untuk memahami apakah sebenarnya anda memiliki kesehatan tubuh yang baik, atau kebalikannya. Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa anda perhatikan jika anda sebenarnya sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

1.Suhu tubuh tidak stabil

Dalam cuaca panas anda merasa kedinginan, atau sebaliknya. Ini dapat terjadi pada bagian tangan, badan, hingga kaki. Sebagian orang mungkin pernah merasakan hal ini. Namun bila hal ini terjadi dalam frekuensi yang sering, ini bisa menjadi pertanda bahwa anda sedang kurang fit. Selain itu tidak stabilnya suhu tubuh yang terjadi dalam beberapa kali dalam satu hari bisa menjadi gambaran bahwa sebenarnya tubuh sedang dalam kondisi tidak sehat. Mungkin itu karena terlalu lelah, kurang istirahat, atau sedang mengalami penyakit tertentu yang menyebabkan demam karena sedang berperang melawan virus yang ada dalam tubuh.

Kalau hal ini terjadi pada anda beberapa kali dalam satu hari, atau mungkin beberapa kali dalam tiga hari kebelakang, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada ahlinya untuk memastikan masalah yang di alami oleh tubuh saat ini.

2.Mengalami masalah saat tidur malam

Susah tidur, atau kerap di sebut dengan insomnia dapat menjadi satu ciri-ciri bahwa sebenarnya anda sedang tidak sehat. Berbagai hal bisa menjadi penyebab mengapa anda mengalami masalah ini. Seperti stress, terlalu banyak mengkonsumsi kafein, faktor kebiasaan, terlalu lelah, hingga masalah-masalah lainnya yang berkaitan terhadap faktor psikologis.

Bila susah tidur saat malam hari tidak ditanggulangi secara cepat dan tepat, tubuh semakin lama akan mengalami kesehatan yang menurun. Ini dikarenakan anda memiliki durasi tidur malam yang tidak cukup sementara tubuh bekerja secara maksimal sejak pagi hingga sore harinya.

3.Kulit terlihat kusam

Kualitas kulit akan tercermin dari kesehatan seseorang. Tingkat kesehatan dan elastisitas kulit dipengaruhi oleh berbagai hal. Asupan makanan, tingkat stres, gaya hidup, bahkan tidak tertutup kemungkinan kulit kusam yang dialami adalah sebuah dampak yang disebabkan karena satu penyakit yang sedang di alami.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, kesehatan kulit secara tidak langsung juga dapat terlihat dari kondisinya saat itu. Jadi, bila anda memiliki kulit yang kusam, bisa saja anda sedang memiliki masalah kesehatan yang harus segera ditanggulangi dengan cepat dan tepat.

4.Bibir pecah-pecah

Kelenjar minyak tidak terdapat pada bibir, sehingga bibir merupakan salah satu bagian luar dari tubuh yang paling mudah kehilangan kelembaban. Bisa disebabkan karena defisit cairan, kurang vitamin, paparan sinar matahari yang berlebih, atau kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah adalah satu tanda bahwa tubuh anda sedang kekurangan vitamin yang menyebabkan kulit pada bagian bibir tidak dapat menjaga kelembabannya.

5.Warna urine

Anda dapat memperhatikan tingkat kesehatan anda berdasarkan warna urine. Warna urine yang bening menjadi suatu tanda bahwa anda sebenarnya asupan cairan dalam tubuh telah terpenuhi dengan baik. Sedangkan sebaliknya, bila urine berwarna kekuningan hingga kuning pekat, tubuh sedang defisit cairan atau bisa saja sedang bercampur toksin dari makanan ataupun minuman yang di konsumsi.

7 Tanda ini menunjukkan bahwa anda terlalu banyak konsumsi gula

7 Tanda ini menunjukkan bahwa anda terlalu banyak konsumsi gula

Manis adalah salah satu rasa yang paling favorit, selain itu bisa dikatakan bahwa manis menjadi salah satu rasa khas yang terdapat pada berbagai makanan atau minuman. Kandungan manis yang terdapat pada gula menjadi salah satu sumber bagi tubuh untuk di ubah menjadi energi, serta mengatur kolesterol dan tekanan darah. Namun bila di konsumsi secara berlebih, gula menjadi sumber penyakit yang akan berdampak buruk bagi tubuh. Diawali dengan meningkatnya gula darah sehingga memberikan efek penurunan konsentrasi, mudah lelah, mudah tersinggung, hingga keseimbangan mental dalam tubuh yang menurun.

Sebagian besar makanan dan minuman yang ada dipasaran mengandung gula, jika anda tidak mengontrol secara ketat saat mengkonsumsinya, tidak tertutup kemungkinan gula darah akan meningkat signifikan. Sebagai tolak ukur apakah anda mengkonsumsi gula sesuai batasan, berikut terdapat beberapa pertanda bahwa anda sebenarnya telah mengkonsumsi gula melebihi batas normal.

1.Tubuh merasa lesu

Terlalu banyak makan gula dapat menjadikan tubuh menjadi defisit protein dan serat untuk tetap dapat mempertahankan energi. Asupan gula yang sesuai dengan batas normal dapat membuat seseorang akan terus berenergi. Begitu jika kekurangan ataupun kelebihan gula, tubuh akan merasa lesu untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari.

2.Hasrat makan manis terus meningkat

Rasa manis pada gula dapat menjadi cara terbaik untuk mengatasi mood menjadi lebih baik, tetapi jika anda telah terlalu banyak konsumsi gula, maka tubuh akan meningkatkan permintaan asupan gula. Reaksi yang ditimbulkan adalah anda justru akan menginginkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Hal ini disebabkan karena gula juga dapat menciptakan candu yang dapat meningkatkan dosis takarannya. Semakin banyak anda mengkonsumsinya, maka secara perlahan anda akan semakin menginginkannya. Ini terjadi hingga anda telah berada pada kapasitas tubuh masing-masing individu.

3.Lidah mengalami beku terhadap rasa manis

Standar rasa manis akan berbeda-beda, begitupun bila anda terlalu banyak mengkonsumsi gula. Maka asupan manis yang telah di konsumsi akan memberikan efek mati rasa pada lidah terhadap rasa manis.

4.Kulit menjadi kusam

Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi gula akan berdampak pada kulit yang terlihat kusam. Hal ini disebabkan karena gula telah merangsang produksi insulin yang berlebih dalam tubuh, sehingga menyebabkan munculnya beberapa masalah pada kulit. Seperti jerawat, kulit terlihat memerah, hingga menyebabkan kulit terlihat kusam.

5.Kenaikan berat badan

Insulin memiliki fungsi yang cukup berperan untuk meningkatkan bobot badan. Namun jika seseorang telah mengkonsumsi gula secara berlebihan akan menyebabkan produksi insulin semakin meningkat dan tidak dapat bekerja secara maksimal. Sehingga akan berdampak pada berat badan yang mengalami kenaikan karena insulin tidak dapat bekerja secara maksimal untuk merubahnya sebagai energi.

6.Gigi berlubang

Konsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan keasaman pada mulut. Dalam kondisi tersebut, bakteri akan lebih mudah dan cepat berkembang biak. Secara perlahan bakteri-bakteri yang terus hidup dan berkembang dalam mulut akan merusak gigi hingga menyebabkan gigi menjadi berlubang.

7.Mengalami kepikunan

Naiknya gula darah yang disebabkan karena konsumsi manis berlebih dapat menyebabkan menurunnya kinerja otak. Bila anda merasa sering lupa, sulit berkonsentrasi, atau mengalami kepikunan, ini juga bisa menjadi satu pertanda bahwa sebenarnya anda telah mengkonsumsi gula secara berlebihan.

Itu dia 7 tanda yang bisa dijadikan tolak ukur apakah anda mengkonsumsi gula berlebih, atau sedang mengalami kenaikan gula darah sehingga tidak stabil yang disebabkan karena asupan gula berlebih dalam tubuh.

7 Manfaat Kulit Jeruk yang perlu anda ketahui

7 Manfaat kulit jeruk yang perlu anda ketahui

Salah satu buah yang kaya dengan vitamin C, memiliki rasa yang segar, kemudian jeruk juga termasuk ke dalam salah satu buah yang paling favorit bagi seluruh orang di dunia. Hal ini menjadikan jeruk menjadi salah satu makanan atau minuman yang memiliki rasa paling digemari oleh banyak orang. Tapi tahukah anda bahwa ternyata di balik kesegaran rasanya, kulit jeruk juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sejak zaman dahulu kulit jeruk telah digunakan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit dengan cara diolah secara alami. Baik disajikan sebagai makanan maupun minuman. Jika anda suka dengan buah jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, sebaiknya anda perlu mencoba salah satu cara untuk menikmati kesegaran serta manfaat yang tersimpan di balik kulit jeruk. Yaitu dengan cara mengolahnya menjadi infused water. Selain lebih mudah, praktis dan memiliki rasa yang segar, berikut terdapat beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan.

Manfaat Kulit Jeruk
7 Manfaat Kulit Jeruk yang perlu anda ketahui

1.Meredakan flu dan demam

Selain kaya dengan kandungan vitamin C, antioksidan yang terdapat pada kulit jeruk juga mampu meredakan flu dan demam.

2.Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C memiliki manfaat sebagai peningkat kekebalan dalam tubuh. Selain itu di balik manfaat vitamin C juga memiliki manfaat positif untuk menjadikan tubuh lebih berenergi.

3.Mengatasi masalah pencernaan

Dalam kulit jeruk mengandung salah satu zat yang memiliki manfaat sebagai anti peradangan, dimana zat tersebut cukup bermanfaat untuk mengatasi masalah pada perut, terutama yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

4.Menurunkan kolesterol

Jika anda peduli dengan kesehatan jantung, sebaiknya mulailah mengkonsumsi kulit jeruk. Kandungan hesperidin yang terdapat pada kulit jeruk mampu menurunkan tingkat kolesterol yang menjadi pemicu penyakit jantung.

5.Menurunkan berat badan

Infused water kulit jeruk bisa menjadi salah satu menu yang patut di coba bila anda sedang menjalankan program diet. Di balik rasanya yang asam dan pahit, namun metabolisme tubuh dapat ditingkatkan dengan minuman yang menggunakan kulit jeruk. Dengan meningkatkan aktivitas metabolisme dalam tubuh, berarti secara tidak langsung cukup efektif untuk membantu program anda untuk menurunkan berat badan.

6.Meredakan bronkitis

Infeksi yang terjadi pada saluran paru-paru menjadi penyebab terjadinya peradangan, yang lebih di kenal dengan bronkitis. Kandungan antioksidan pada kulit jeruk mampu mencegah dan meredakan masalah yang disebabkan karena pernafasan. Seperti masalah bronkitis, asma, atau masalah pada paru-paru. Bila anda memiliki masalah terhadap hal ini, rebusan kulit jeruk menjadi salah satu penawar yang cukup ampuh untuk meredakannya.

7.Dapat mencegah kanker

Manfaat yang paling di kenal dari kulit jeruk adalah dapat mencegah kanker. Bila anda pernah mendengar hal ini, karena kandungan pada kulit jeruk terdapat vitamin C dan flavonoid yang merupakan salah satu zat paling efektif untuk mencegah sel kanker berkembang pada tubuh, terutama kanker paru-paru dan kulit.

Beberapa manfaat kulit jeruk di atas semoga dapat menjadi referensi bagi anda dalam menjaga kesehatan ataupun mengatasi masalah kesehatan yang bisa didapatkan dari kulit jeruk. Untuk mengolah kulit jeruk untuk digunakan sebagai minuman caranya cukup dengan dikeringkan kemudian dijadikan bubuk, bisa juga dengan cara merebusnya, atau dengan langsung memasukkannya ke dalam air panas sambil di tunggu untuk siap di minum. Bila anda ingin menjadikannya sebagai makanan atau cemilan, anda bisa mengolahnya dengan cara menjadikannya sebagai manisan.

5 Kegiatan yang direkomendasikan untuk melatih otak kanan

5 Kegiatan yang direkomendasikan untuk melatih otak kanan

Melatih otak cukup penting untuk memberikan daya ingat serta mempengaruhi tingkatan sosial pada saat anda sedang berada di sebuah kelompok. Namun faktanya, setiap manusia sebagian besar lebih sering menggunakan otak bagian kirinya. Seperti analisis, berhitung, berfikir secara logika, hingga kemampuan dalam berkomunikasi. Beberapa hal tersebut merupakan aktivitas yang akan terhubung pada otak bagian kiri. Sedangkan otak kanan akan lebih bersifat kebalikannya. Seperti visualisasi, seni, perasaan, serta emosi. Karena itu mengapa otak kanan bisa dikatakan memiliki frekuensi yang lebih sedikit digunakan bila dibandingkan dengan otak kiri.

Otak bagian kanan dan kiri memiliki kelebihan masing-masing, namun dengan menggunakan otak secara seimbang anda akan mendapatkan sesuatu hal yang berbeda. Otak kanan berhubungan dengan kreativitas, inspirasi, imajinasi, intuisi, hingga pemikiran-pemikiran yang bersifat baru. Anda pastinya dapat membayangkan bagaimana jika kiri dan kanan dapat bekerja secara seimbang. Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa sebenarnya dalam setiap kegiatan maupun aktivitas kedua otak kiri dan akan akan otomatis bekerja, namun sebenarnya dominasi akan cenderung di lakukan oleh otak kiri.

Maka dari itu, sebagai salah satu alternatif untuk mencegah kepikunan adalah melatih otak kanan anda agar dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga keseimbangan antara otak kiri dan kanan dapat terjalin. Berikut beberapa aktivitas yang bisa anda lakukan yang secara tidak langsung dapat memberikan latihan pada otak bagian kanan.

1. Menulis atau menggambar

Kegiatan yang cukup mudah ini secara tidak langsung akan memberikan latihan pada otak kanan. Dengan menulis atau menggambar, emosi akan terpicu diantara keduanya. Meskipun sangat mudah, tapi mungkin anda belum menyadari mengenai hal ini. Perpaduan warna saat menggambar juga bisa menjadi aktivitas yang  menarik untuk merangsang otak kanan. Misalnya seperti memberikan tanda kalimat-kalimat penting di buku bacaan anda menggunakan spidol, atau sekedar menandai kata demi kata menggunakan stabilo.

Nah, latihan singkat dengan menulis atau menggambar yang menggunakan berbagai warna dapat menjadi solusi untuk anda yang ingin terhindar dari kepikunan.

2. Memainkan alat musik

Berdasarkan penelitian, alzheimer akan mulai dirasakan saat berada di usia 50an. Kemudian pada usia 65 tahun akan mengalami resiko yang lebih besar terhadap hal ini. Dengan melatih otak kanan, anda dapat meminimalkan resiko alzheimer, dan salah satunya adalah dengan memainkan alat musik. Seperti piano atau gitar. Memainkan alat musik akan melatih otak inti bagian kanan akan terus berkembang sehingga akan menekan terjadinya kepikunan atau alzheimer.

3. Olah raga basket

Bukan hanya sekedar melancarkan peredaran darah, namun olah raga basket menjadi olah raga yang direkomendasikan untuk anda yang ingin terhindar dari kepikunan. Bermain basket dapat melatih otak kanan dengan sederetan kegiatannya. Mulai dari melakukan dribbling, melakukan passing bola ke teman, hingga melakukan perhitungan pada saat anda akan melakukan shooting.

Kemampuan otak kanan akan terus aktif saat bermain basket, karena anda akan di tuntut untuk menggunakan feeling serta naluri yang tepat agar setiap keputusan yang anda lakukan saat bermain dapat memberikan hasil yang tepat dan akurat.

4. Membaca buku berkategori fiksi

Saat membaca, imajinasi anda akan diajak berkelana jauh untuk berada seperti apa yang terjadi pada alur cerita buku yang sedang anda baca. Kemudian pada saat anda terus membaca, anda telah memberikan stimulus untuk terus menjadikan otak kanan agar terus aktif.

Anda sebaiknya mencoba baca buku berkategori fiksi dengan rutin dan santai agar otak kanan tidak bekerja secara terpaksa. Dengan begitu otak kanan akan selalu fresh karena sering diaktifkan.

5. Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap resiko kepikunan. Bila anda ingin memiliki otak yang fresh dan tidak mudah lupa, jangan lupa untuk menjaga kehidupan anda tetap berada di gaya hidup sehat. Memberikan asupan bergizi pada tubuh, istirahat yang cukup, serta bersosialisasi terhadap banyak orang. Ketiga hal ini dapat menjaga kesehatan otak anda agar terus berkembang, mudah melakukan adaptasi dari berbagai situasi, kemudian yang terutama adalah terhindar dari kepikunan.