Tips Puasa Bagi Penderita Diabetes

Tips Diet Baik Ketika Berpuasa

  • Tips Berpuasa Bagi Seorang Penderita Hipertensi
  • Tips Berpuasa Bagi Penderita Penyakit Asma
  • Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil
    1. Konsultasikan terlebih dulu pada dokter yang biasa menangani Anda, tanyakan padanya tentang riwayat kondisi Anda sebelum dan selama Anda melakukan kegiatan puasa.
    2. Anda juga jangan lupa untuk berkonsultasi pada ahli gizi, asupan apa saja yang perlu Anda konsumsi selama berpuasa. Karena seluruh asupan tersebut penting bagi keberlangsungan ibadah dan kesehatan Anda.
    3. Selalu persiapkan obat-obatan yang dirasa dibutuhkan untuk kepentingan kesehatan selama berpuasa. Hal tersebut juga, berguna untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
    4. Hindari  makanan dengan pemanis atau kadar gula yang tinggi. Apabila sewaktu berbuka ingin minum sesuatu yang manis, maka Anda bisa mengakalinya dengan membuat minuman dari pemanis alami seperti madu, air kelapa, atau jus buah. Ingat jangan berlebihan, dan jangan memakai pemanis buatan.
    5. Hindari makanan berlemak tinggi atau makanan yang cara pengolahannya dengan digoreng. Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan dengan cara direbus atau dikukus.
    6. Hindari makanan yang mengandung protein tinggi, karena tidak baik bagi kadar gula Anda.
    7. Sebaiknya sewaktu sahur atau berbuka, Anda konsumsi makanan yang memiliki sumber karbohidrat kompleks seperti oat meal.
    8. Perbanyak konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak serat seperti kurma, buah-buahan, dan sayuran.
    9. Selalu imbangi dengan konsumsi suplemen khusus yang diperuntukkan bagi penderita diabetes.
    10. Apabila terjadi suatu masalah atau gejala lain pada tubuh Anda, segera hubungi dokter dan sebaiknya batalkan terlebih dulu puasanya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *