12 Manfaat Olahraga Selain Untuk menurunkan Berat Badan

Manfaat Olahraga Untuk menurunkan Berat BadanManfaat Olahraga Selain Untuk menurunkan Berat Badan – Manfaat dari olahraga tentu saja menjaga kesehatan tubuh. Mungkinkah dengan berolahraga mampu menghilangkan stres? Kebanyakan masyarakat awam selalu menyebutnya jikalau melakukan olahraga secara rutin akan menurunkan berat badan. Namun, apakah anda tahu apa dibalik manfaat olahraga selain membuat badan anda terlihat kurus? Simak terus penjelasannya.

Dalam berolahraga badan akan senantisa memproduksi keringat sebagai metabolime tubuh. Dengan demikian, tubuh anda akan kembali segar disamping otot mengencang dan stamina semakin kuat. Selain itu, juga akan berefek pada psikologi, seperti keadaan penat dalam rutinitas pekerjaan anda kembali fresh. Memungkinkan otak anda bekerja lebih baik. Hal ini membuktikan olahraga memiliki banyak manfaat, misalnya seperti ini.

Manfaat Olahraga Selain Untuk menurunkan Berat Badan


1.Jantung Bekerja Efektif

Dengan melakukan olahraga maka jantung dapat bekerja dengan baik, sehingga akan lebih kuat. Jantung sendiri mampu bekerja secara efektif dan dapat mengurangi plak di dalam pembuluh darah. Hal ini membuat jantung dapat memompa darah lebih baik dan lancar. Dengan demikian, jantung anda akan terlihat normal, walaupun olahraga ringan ataupun berat tetap akan menyehatkan sistem kinerja jantung yang aliran darahnya benar.

2. Stamina Tubuh Meningkat

Jika berolahraga dilakukan secara rutin dan teratur maka, anda akan merasakan perbedaan sebelum dan sesudah berolahraga. Otot dalam tubuh akan berkembang dan semakin lentur, sehingga kinerja otot dan daya tahan otot akan baik. Bukan hanya otot-otot saja yang dapat bekerja secara efesien, namun daya tahan tubuh juga akan meningkat dan lebih cepat dalam bereaksi.

3. Memberi Energi Tubuh

Biasakan olahraga setiap hari walaupun hanya 30 menit ataupun dalam jenis berolahrga ringan. Menurut para pakar penelti kesehatan, bahwa ketika berolahraga maka endorphin akan dilepaskan ke dalam darah, sehingga membuat seseorang lebih merasa energik sepanjang harinya. Selain itu, endorphin mampu menjadikan otak semakin rileks, lantaran endorphin sendiri merupakan senyawa kimia otak kita.

4. Meningkatan Kapasitas Otak

Apabila anda selalu menerapkan olahraga, maka akan dapat meningkatkan energi sekaligus serotonin di dalam otak bertambah. Taukah anda apa serotonin? Nah, serotonin merupakan hormon yang berguna dalam mengatur kapasitas otak, seperti napsu makan, pemahaman dan stabilitas emosi seseorang. Adapun dalam hal ini berolahraga dapat meningkatkan produktivitas otak tinggi, sehingga mampu bekerja dalam rutinitas secara lebih baik dan bahagia.

5. Mencairkan dan Menghilangkan Stres

Olahraga mampu membuat anda lebih relaks. Di saat berlatih dalam berolahraga, maka akan mengetahui apakah hal tersebut dapat mengurangi stres, sehingga akan menjadikan diri pribadi yang lebih bahagia dari sebelumnya. Dengan kata lain seseorang yang berolahraga tidak mudah marah dan bisa mengendalikan diri, terlebih jika berhubungan dengan orang lain. Karena itulah akan selalu terhindar dari rasa stres yang berlebihan.

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Sudah tidak asing lagi jika berolahraga mampu menurunkan resiko diabetes atau bagi penderita diabetes dapat menyembuhkannya secara perlahan. Jika olahraga teratur maka akan memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh dimana kadar insulin rendah atau tidak berkualitas akan memunculkan penyakit diabetes. Karena itulah olahraga dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh.

Bagaimana setelah anda mengetahui bahwa berolahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja, melainkan multi manfaat yang luar biasa bagi kesehatan baik jiwa dan raga. Mulai sekarang, luangkan waktu anda untuk berolahraga meskipun hanya 15 menit.