20 Obat Sakit Telinga Yang Digunakan Harus Sesuai Dengan Penyebabnya

Obat Sakit Telinga Yang Digunakan Harus Sesuai Dengan Penyebabnya - Apakah saat ini Anda sedang mengalami sakit telinga?. Jika iya, maka sebelum Anda menggunakan obat sakit telinga Anda harus tahu terlebih dahulu tentang penyebab sakit tersebut. Dalam hal ini, mungkin saja Anda akan mengalami sedikit atau banyak kesulitan untuk dapat mengetahui penyebabnya tersebut.

Obat Sakit Telinga Yang Digunakan Harus Sesuai

Obat Sakit Telinga


Sebenarnya tujuan utama dari mengetahui penyebabnya adalah untuk keefektifan dan keamanan obat yang akan kita gunakan untuk menyembuhkan telinga yang sakit, sehingga berbagai kemungkinan efek samping dapat kita minimalisir.

Sebelum kita memamaki obat sakit telinga secara tepat terlebih dahulu kita mesti tahu kemungkinan-kemungkinan penyebabnya, seperti karena pengaruh gigi berlubang, karena bagian sinus yang mengalami infeksi, atau di dalam telinga kita terdapat kotoran. Jika penyebabnya hal ini maka langkah pengobatannya adalah menyembuhkan sumber utamanya tersebut.

Namun jika penyebabnya adalah murni dari dalam telinga seperti otitis media akut atau otitis eksterna maka diperlukan penanganan khusus yang berbeda dengan cara di atas.

Otitis media akut (OMA) merupakan infeksi telinga bagian tengah, sedangkan otitis eksterna adalah infeksi telinga bagian luar yang mana penyebab terseringnya adalah akibat luka di saat mongerek atau membersihkan telinga.
Jika penyebab terjadinya sakit telinga adalah otitis maka penanganan yang dibenarkan adalah dengan meminta bantuan dokter. Hanya saja sebagai pertolongan pertama sangat dianjurkan kepada Anda melakukan serangkaian perawatan sendiri di rumah sebelum pergi ke dokter.

Adapun pertolongan pertama tersebut terdiri dari:

  • Obat analgetik.


Obat ini merupakan obat bebas contohnya seperti asetaminofen dan ibuprofen yang biasa digunakan untuk meredakan berbagai rasa sakit yang timbul termasuk bisa juga untuk meredakan nyeri akibat sakit telinga.

  • Kompres hangat.


Menggunakan kompres hangat pada bagian telinga yang sakit dapat pula menjadi obat sakit telinga untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan. Gunakan kompres hangat selama 15 menit dan ulangi 4-5 kali dalam satu hari.

  • Minyak hangat.


Banyak masyarakat yang menuturkan bahwa penggunaan minyak makan hangat atau sangat disarankan memakai minyak zaitun hangat dapat meredakan sakit di telinga. Walaupun belum ada riset mengenai hal ini namun tidak ada salahnya untuk Anda coba dengan menggunakan satu atau dua tetesnya, karena telah terbukti efektik.

  • Menciptakan suasana nyaman.


Teknik ini sangat cocok untuk mengatasi sakit telinga yang terjadi pada anak-anak. Ciptakan suasana nyaman untuknya, yaitu dengan mengalihkan konsentrasinya dari rasa sakit tersebut. Contoh yang bisa Anda lakukan seperti memutarkan film favorit mereka, membacakan buku cerita kesukaannya, atau hal-hal lainnya yang Anda tahu.

Mendapatkan Obat Sakit Telinga Menggunakan Resep Dokter.


Setelah Anda melakukan berbagai perawatan sebagai pertolongan pertama, selanjutnya Anda sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini ditujukan untuk dapat memastikan masalah sebenarnya yang terjadi pada telinga Anda. Dengan melakukan pemeriksaan ini dokter kemudian akan dapat meresepkan untuk Anda obat sakit telinga yang sesuai.

  • Otitis eksterna.


Obat sakit telinga untuk mengobati otitis eksterna ini berupa obat tetes yang biasanya digunakan selama 7-10 hari. Di dalamnya terdapat antibiotik untuk membasmi kuman dan juga terkandung steroid, yaitu zat yang berguna untuk mengurangi peradangan.

Bisa jadi untuk memaksimalkan pengobatan ini dokter akan meresepkan untuk Anda antibiotik oral dan penghilang rasa sakit. Selama pengobatan berjalan Anda harus menjaga liang telinga tetap dalam keadaan kering, sehingga diwaktu mandi Anda dapat menutup telinga memakai earplug atau kapas.

  • Otitis media akut.


Pada umumnya dokter akan meresepkan untuk Anda penggunaan antibiotik oral terutama bagi Anda usia dewasa. Jika sakit telinga ini terjadi pada usia anak-anak, maka penanganannya adalah mengedepankan rasa nyaman untuk mereka, yaitu dengan menghilangkan rasa sakitnya. Jika dengan penanganan ini si anak dapat sembuh dalam 2-3 hari, maka pengunaan antibiotik tidak dibutuhkan lagi.

Itulah sekilas mengenai obat sakit telinga yang dapat Anda terapkan dengan melakukan tindakan pertolongan pertama hingga pertolongan secara medis.