21 Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak

Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak - Mengalami sakit gigi dan gusi bengkak memang sangatlah menyiksa. Setiap orang yang mengalami gangguan ini pastilah akan mengeluh dan merasa tidak nyaman. Sekarang ini di pasaran banyak sekali obat sakit gigi dan gusi bengkak yang dijual bebas. Anda harus tahu, bahwa tidak semua produk tersebut aman untuk Anda gunakan. Lebih baik menggunakan cara alami untuk mengobatinya. Pengobatan dengan cara alami telah terbukti lebih aman dan tidak ada efek samping yang berbahaya. Sebelum Anda mengetahui cara mengobati sakit gusi bengkak ada baiknya Anda ketahui dulu beberapa penyebabnya.

[caption id="attachment_1823" align="aligncenter" width="300"]Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak[/caption]

Penyebab Terjadinya Gusi Bengkak



  • Masalah pada kebersihan mulut.


Saat seseorang makan, maka sisa makanan dapat lengket pada sela-sela gigi dan gusi. Hal ini bisa berisiko pada berkembangnya bakteri penyebab gusi bengkak. Banyak orang beranggapan, bahwa dengan rajin menyikat gigi akan menjamin kesehatan mulut. Padahal untuk menjaga kesehatan mulut tidak hanya cukup gosok gigi saja, melainkan ia haruslah tetap memperhatikan hal-hal lain disekitar mulutnya, seperti kebersihan lidah.

  • Penggunaan kawat gigi/behel.


Pemakaian behel juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya gusi bengkak. Pemasangan behel yang sangat rapat dengan gusi akan berisiko memberikan tekanan yang akan membuat gusi menjadi bengkak, bahkan gusi juga akan mengalami iritasi.

  • Mengkonsumsi makanan tidak sehat.


Mengkonsumsi makanan tidak sehat dapat mempengaruhi menurunnya kesehatan gigi dan gusi. Oleh sebab itu makanan yang mengandung banyak gula adalah sesuatu yang utamanya yang harus dihindari.

  • Kekurangan vitamin.


Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan seseorang mudah terkena sariawan dan gusi bengkak. Kekurangan vitamin B, asam folat dan kalsium juga merupakan penyebab lain dari gusi bengkak. Oleh karena itu Anda mesti membiasakan mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang secara rutin.

  • Sebab mengalami kehamilan.


Seorang ibu yang hamil berpotensi mengalami sakit gigi dan juga pembengkakan gusi. Hal ini terjadinya karena ia mengalami kekurangan gizi sebab harus membagi dengan janin yang ada dalam kandungannya.
Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak.

  • Garam.


Garam sudah sejak lama digunakan masyarakat untuk mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Cukup gunakan satu sendok teh (sdt) garam yang dimasukan dalam segelas air hangat. Aduk sampai rata dan gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Lakukan cara ini secara rutin sekurangnya 3 kali dalam sehari.Anda akan merasakan gusi yang bengkak dan sakit pada gigi akan sembuh dalam waktu yang cepat.

  • Minyak cengkeh.


Cukup oleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang sakit, maka dalam waktu cepat gusi yang bengkak dan gigi yang sakit akan sembuh. Lakukan cara ini dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari.

  • Jeruk nipis.


Caranya, cukup gunakan perasan jeruk nipis kemudian tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur. Akan lebih maksimal lagi jika Anda berkumurnya pada malam hari sebelum tidur dan pada saat pagi hari sehabis bangun tidur.

  • Madu.


Caranya, cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit. Gunakan minimal 3 kali dalam sehari, maka Anda akan merasakan gusi yang bengkak dan gigi yang sakit akan sembuh.

  • Bawang merah.


Caranya, cukup menghaluskan bawang merah dan oleskan pada gusi atau gigi yang sakit. Cara ini terbukti sangat ampuh. Namun, banyak orang enggan menggunakan cara ini karena rasa dan baunya yang cukup tajam.

  • Lemon dan air hangat.


Caranya, ¼ buah lemon diperas lalu campurkan ke dalam dangan ½ gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur-kumur 2 kali dalam sehari maka gusi dan sakit gigi Anda akan cepat sembuh.

  • Banyak minum air putih.


Perbanyak minum air putih dapat mengurangi bakteri pada mulut dan juga bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang.

  • Mengurangi stress.


Berkurangnya kwalitas kesehatan gigi dan gusi bisa jadi disebabkan oleh adanya stress. Maka dari itu Anda hendaknya mengurangi stress dan sesekali isilah waktu Anda untuk refreshing agar pikiran kembali segar. Dengan Anda menghindari stress maka kesehata mulut akan menjadi lebih baik.

  • Pijatan Gusi.


Anda bisa melakukan pijatan pada gusi dengan menggunakan jari telunjuk. Cara memijat gusi yang bengkak adalah dengan gerakan melingkar dan berulang-ulang. Namun pastikan bahwa telunjuk yang Anda gunakan dalam keadaan bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut.

Demikianlah tadi Obat Sakit Gigi dan Gusi Bengkak. Jika gusi bengkak sudah sembuh tentu akan membuat Anda menjadi sangat nyaman. Agar gusi bengkak tidak terulang kembali akan lebih baik jika Anda rutin membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi dengan benar.