22 Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk NipisJeruk nipis, buah yang juga memiliki nama latin citrus aurantifolia ini, sejak lama sudah dikenal memiliki banyak manfaat walaupun rasa buahnya asam dan agak pahit.

Air buahnya bisa dipakai untuk berbagai keperluan, misalnya saja sebagai minuman, untuk mengatasi karat pada kulit dan logam yang kotor, penyedap masakan, campuran jamu, penyegar, serta bahan pembuat asam sitrat.
Selain itu jeruk nipis juga bermanfaat sebagai obat batuk, diuretik atau peluruh kencing, mukolitik atau peluruh dahak, membantu proses pencernaan serta untuk menghilangkan sumbatan vital energi.

Jeruk nipis mengandung banyak senyawa, diantaranya adalah N-methyltyramine, besi, poncirin, asam sitrat, linalool, naringin, kalsium, limonene, fosfor, synephrine, flavonoid, rhoifolin, vitamin A, B1, C, serta hesperidine. Asam sitrat yang dikandungnya bermanfaat untuk mencegah kambuhnya penyakit bagi pasien yang baru saja menjalani operasi batu ginjal.

Manfaat Jeruk Nipis

Berikut ini beberapa tips dan cara menggunakan jeruk nipis sebagai bahan herbal yang berguna untuk menyembuhkan penyakit :

1. Jeruk nipis dapat mengatasi radang tenggorokan

Iris 3 buah jeruk nipis yang sudah masak, kemudian peras. Campur air perasan jeruk nipis tersebut dengan setengah gelas air panas, lalu masukkan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata. Berkumurlah dengan menggunakan campuran bahan-bahan tersebut sekitar 2 sampai 3 menit. (3 kali sehari)

2. Jeruk nipis dapat meredakan sakit gigi

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan gilingan legetan warak, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan 1 sendok makan gilingan akar kecubung hitam. Lalu masukkan 3/4 cangkir air larutan garam dan aduk secara merata. Kemudian peras dan saring campuran ramuan tersebut. Berkumurlah dengan menggunakan air saringannya selama beberapa menit, dan jangan ditelan. (4 sampai 6 kali sehari)

3. Jeruk nipis dapat meredakan demam saat malaria

Jeruk nipis juga dapat dipakai untuk meredakan demam saat malaria. Caranya sediakan terlebih dahulu 5 lembar daun prasman, 3 lembar daun kendal, serta 3 lembar daun jeruk nipis. Rebuslah ketiga bahan tersebut dengan memakai 3 gelas air bersih hingga yang tersisa tinggal 1 gelas saja. Tunggu hingga dingin, kemudian saring. Bagi menjadi dua, minumlah air saringan tersebut pagi dan sore.

4. Jeruk nipis dapat membantu penyembuhan batu ginjal

Gunakan dua buah jeruk nipis, peras keduanya dan encerkan dengan dua gelas air hangat, minumlah setiap habis makan malam. (lakukan sampai 10 hari)

5. Jeruk nipis dapat membuat rambut lebat

Anda dapat mendapatkan rambut lebat dengan memanfaatkan jeruk nipis. Caranya gunakan satu butir kuning telur ayam kampung dan campur dengan air perasan dari 3 buah jeruk nipis, aduk hingga merata. Usapkan campuran kedua bahan tersebut di kulit kepala Anda, pijat hingga rata dan diamkan hingga sekitar 2 jam, kemudian bilas rambut Anda dengan sampo merang supaya rambut tampak lebat dan mengkilap.

6. Jeruk nipis dapat mengobati batuk

Gunakan satu buah jeruk nipis, peras dan campur air perasannya dengan sedikit garam dan 1 sendok makan madu, aduk kesemuanya hingga rata kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut. (2 sampai 3 kali sehari)

7. Jeruk nipis dapat mengatasi vertigo

Manfaat Jeruk Nipis untuk mengatasi vertigo, langkah-langkahnya adalah lumatkan setengah genggam daun jeruk nipis. Campurkan dengan 1 sendok makan air jeruk nipis. Kemudian usap-usapkan ramuan tersebut ke dahi, pelipis, dan tengkuk. (2 kali sehari)

8. Jeruk nipis dapat mengobati bagian tubuh yang terkilir

Pakailah tiga buah jeruk nipis yang banyak airnya, belah menjadi dua bagian. Letakkan jeruk nipis tersebut ke dalam poci dan seduh dengan menggunakan setengah cangkir air panas, tutup poci tersebut. Setelah dingin, ambil jeruk nipis tersebut lalu peras dan saring. Tambahkan 2 sendok makan minyak gandapura serta 2 sendok makan minyak kayu putih. Gunakan ramuan tersebut untuk mengurut bagian tubuh yang terkilir, dan yang terakhir minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. (3 kali sehari)

9. Jeruk nipis dapat mengatasi ambeien

Cuci hingga bersih akar pohon jeruk nipis sebanyak 10 gr, rebus akar tersebut dengan menggunakan 1 liter air selama 1/2 jam, kemudian saring dan minum selagi hangat. (3 kali sehari)

10. Jeruk nipis dapat melangsingkan badan

Caranya cukup mudah, hanya dengan menambahkan air perasan jeruk nipis (1 buah) pada secangkir air teh hijau. Minumlah tiap pagi dan sore, maka Anda akan segera melihat hasilnya.

11. Jeruk nipis dapat mengobati panu dan kurap

Cuci hingga bersih 1 genggam akar landep, kemudian tumbuk sampai halus. Aduk tumbukan akar tersebut sambil menambahkan air perasan jeruk nipis (1 buah). Usapkan ramuan tersebut di bagian kulit yang menderita panu dan kurap, selanjutnya balut dengan menggunakan kain perban. (Setiap 2 kali sehari, ganti balutan tersebut)

12. Jeruk nipis dapat mengatasi pegal linuCaranya yaitu ambil 1/3 genggam daun jeruk nipis, 1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun ketepeng cina, 2 jari akar kepayang, 10 buah cabai rawit, 10 lembar daun sirih, 3 jari akar kelor, 2 jari akar pepaya, cuci semuanya sampai bersih lalu tumbuk hingga halus. Rendam campuran bahan tersebut dalam 1 liter alkohol sampai 7 hari. Kemudian ambil air perasannya dan gunakan untuk memijat atau mengurut bagian tubuh yang sakit.

13. Jeruk nipis dapat mengatasi difteri

Ambil dua buah jeruk nipis, cuci lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1 sendok makan madu dan 1 gelas air panas. Pakai campuran bahan tersebut untuk berkumur selama dua menit lalu diminum. (3 kali sehari)

14. Jeruk nipis dapat mencegah rambut berketombe atau rontok

Potong dua jeruk nipis hingga menjadi tiga bagian, usapkan secara merata pada kulit kepala. Gunakan handuk untuk membungkus kepala sampai semalaman, lalu keramas esok paginya. (3 kali seminggu)

Demikianlah tadi beberapa Manfaat Jeruk Nipis yang bisa kita peroleh bila kita mengaplikasikan secara rutin dan teratur. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Leave a Reply