26 Gejala Tumor Otak, Kenali Sejak Dini Agar Dapat Ditangani Dengan Optimal

Gejala Tumor Otak, Kenali Sejak Dini Agar Dapat Ditangani Dengan Optimal. – Tumor otak merupakan suatu massa yang tumbuh dan terbentuk di dalam kepala, tepatnya pada bagian otak. Pertumbuhan ini diakibatkan oleh perkembangan sel-sel abnormal atau tidak normal. Sel-sel yang tidak normal tersebut dapat bersifat jinak dan ada juga yang bersifat ganas, yang mana dalam perkembangannya tumor ganas kemudian dikenal dengan istilah kanker. Jika tanda-tanda atau gejala tumor otak dapat kita kenali sejak dini maka tindakan terapi yang kita lakukan pun dapat cepat pula kita lakukan, sehingga semuanya akan dapat teratasi dengan lebih baik.

Gejala Tumor Otak
Gejala Tumor Otak, Kenali Sejak Dini Agar Dapat Ditangani Dengan Optimal

Gejala Tumor Otak

Gejala tumor otak yang sudah dapat diketahui dan umum dipelajari terbagi menjadi dua macam, yaitu gejala umum dan gejala khusus.

Gejala Umum Tumor Otak.

Hal ini terjadi karena adanya daya tekan yang mengenai otak dan sumsum tulang belakang. Adapun gejala yang dapat dirasakan adalah mengalami sakit kepala yang tidak umum terjadi, awalnya jarang dan ringan namun lama-lama semakin berat dan semakin sering.

Penderita juga dimungkinkan mengalami gejala mual-mual sampai muntah tanpa diketahui penyebab pastinya. Setelahnya itu muncul juga gangguan pada penglihatan, dan secara pelan namun pasti penderita juga akan kehilangan gerakan baik di bagian lengan atau kaki.

Adapun gangguan lainnya yang juga dimungkinkan muncul adalah gangguan keseimbangan, pendengaran, berbicara, sering bingung, ada perubahan pada perilaku dan juga dimungkinkan akan mengalami kejang-kejang.

Gejala Khusus Tumor Otak.

Sedangkan gejala tumor otak yang khusus akan timbul akibat adanya tekanan pada area tertentu pada otak, sehingga akan akan ada gejala yang lebih spesifik sesuai area otak yang terlibat.

Berikut ini merupakan gejala tumor otak berdasarkan letak tumornya, yaitu ada rasa sakit kepala di daerah dekat tumor.

Jika tumor terletak di otak kecil, maka penderita akan kehilangan keseimbangan. Jika letaknya di depan, maka akan ada perubahan dalam penilaian, termasuk kehilangan inisiatif dan kelumpuhan. Jika letaknya di belakang, maka penderita akan kehilangan daya lihat sebagian bahkan sampai total. Jika letaknya di depan dan samping, maka akan ada perubahan dalam berbicara, pendengaran, memori, atau keadaan emosional.

Jika tumor terjadi pada kelenjar pineal, maka penderita akan mengalami ketidak mampuan untuk melihat ke atas.

Jika terletak pada hipofisis, maka penderita jika perempuan akan mengalami perubahan periode menstruasi, dan gangguan pertumbuhan tangan dan kaki.

Jika tumor terletak di batang otak, maka penderita akan kesulitan dalam hal menelan, wajah mengalami mati rasa, atau penglihatan ganda.

Penanganan Gejala Tumor Otak.

Jika diantara anggota keluarga didapati terjadi satu atau beberapa dari gejala tumor otak seperti dijelaskan di atas maka secepatnya untuk diperiksakan ke dokter.

Umumnya dalam pemeriksaan dokter akan menanyakan perihal sudah berapa lama gejala tersebut mulai dirasakan, kemudian ia akan melakukan pemeriksaan fisik dan neurologis serta pemeriksaan penunjang lainnya apabila diperlukan.

Hal ini penting sekali untuk dilakukan agar dokter dapat mendiagnosis dari beberapa gejala yang Anda rasakan.

Jika memang diagnosis dari gejala tumor otak tersebut adalah positif, maka yang terpenting dari proses pengobatan dan perawatan itu adalah dapat mengatasi setiap gejala yang dikeluhkan. Di samping pasien mesti melakukan pengobatan definitif dengan tujuan membasmi tumor otak itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *