9 Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek Ala Tradisional

[caption id="attachment_359" align="aligncenter" width="640"]Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek Ala Tradisional Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek[/caption]

Cara Mengobati Flu dan Batuk Pilek Ala Tradisional - Sakit flu erat kaitannya dengan gejala batuk dan pilek, yang mana penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak dialami oleh umat manusia.

Kemunculannya secara umum erat berkaitan dengan pergantian cuaca, dan juga dalam satu tahun seseorang bisa mengalaminya sampai berkali-kali. Tapi meskipun demikian ternyata masih banyak masyarakat yang belum faham dengan cara mengobati flu dan batuk pilek secara tepat.

Cara Mengobati Flu


Beberapa gejala flu berikut ini sebenarnya bukanlah penyakit, justru gejala tersebut muncul sebagai respon tubuh untuk melawan penyakit.

Panas atau demam merupakan cara mengobati flu yang dilakukan langsung oleh tubuh, yaitu dengan membunuh berbagai virus yang ada. Dengan kondisi badan panas maka akan membuat virus tidak betah berlama-lama ada di dalam tubuh, serta mempercepat berbagai sel dan protein imun kita beredar di darah dan membunuhnya. Selama panas badan Anda masih skala sedang dan terjadi anatara 1-2 hari maka itu artinya justru dapat mempercepat proses kesembuhan itu sendiri.

Gejala batuk sebenarnya merupakan usaha yang dilakukan oleh tubuh untuk dapat membersihkan berbagai lendir yang dapat membawa kuman masuk ke paru-paru dan semua jaringan tubuh.

Adapun gejala pilek sendiri terjadi akibat peningkatan aliran darah ke daerah hidung, sehingga mengakibatkan produksi ingus pun meningkat. Hal ini terjadi sebagai upaya tubuh menghangatkan daerah yang dideteksi terinfeksi, dan ingus yang dikeluarkan dapat membantu untuk membuang kuman-kumannya.

Cara mengobati flu dan pilek ala tradisional yang manjur.



  • Sering membuang sekresi/ingus.


Cara mengobati flu dan batuk pilek yang pertama adalah dengan membuang ingus yang menumpuk dihidung secara teratur dan perlahan. Hal ini tujuannya untuk membersihkan hidung dari berbagai virus, bakteri atau kuman.

  • Mengatasi hidung tersumbat.


Jika di saat flu Anda mengalami hidung tersumbat, maka untuk mengatasinya secara tepat dan sederhana adalah dengan air garam. Caranya, ambil dan campurkan 1/4 sendok teh garam, 1/4 sendok teh baking soda, dan 236 ml air hangat. Masukan campuran garam tadi ke dalam semprotan kecil yang bersih dan sterill. Semprotkan cairan ini ke dalam kedua lobang hidung secara bergantian, dengan lobang hidung salah satunya ditahan/pencet. Biarkan mengalir masuk kedalam hidung Anda dan ulangi 2-3 kali. Garam merupakan obat terbaik untuk membunuh kuman dan virus.

  • Berkumur.


Masih menggunakan garam, gunakan juga bahan ini untuk berkumur, yaitu dengan memakai air hangat empat kali dalam sehari, maka sakit tenggorokan dan batuk yang umumnya menyertai flu juga dapat segera reda.

  • Minum cairan hangat.


Khasiat makan atau minum yang hangat pada waktu terserang flu adalah dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat, menenangkan membran yang meradang dan mencegah dehidrasi.

  • Mandi memakai air hangat.


Cara mengobatai flu dan batuk pilek selanjutnya adalah dengan mandi memakai air hangat, yang mana air ini akan berkhasiat melembabkan hidung dan menjadikan otot-otot menjadi lebih rileks.

  • Minyak kayu putih.


Oleskan setetes minyak kayu putih atau salep mentol di bawah hidung (jangan di dalam lobang hidung) maka akan dapat meredakan hidung yang tersumbat. Menthol, eucalyptus, dan minyak kayu putih merupakan bahan yang memiliki pati rasa ringan yang dapat digunakan untuk membantu meringankan rasa sakit dalam hidung.

  • Tidur memakai bantal tinggi.


Salah satu cara untuk mengurangi keluhan hidung tersumbat saat tidur adalah dengan meninggikan kepala, yaitu dengan meletakkan beberapa bantal di bawah kepala kita.

  • Beristirahat.


Pada waktu Anda sakit, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total agar energy dapat terkumpul untuk fokus melawan penyakit. Bahkan jika Anda adalah seorang olahragawan sekalipun, tetap sementara waktu untuk istirahat hingga badan fit kembali.

  • Konsumsi makanan yang baik untuk melawan infeksi.



  1. Jambu biji dan jeruk merupakan bahan yang kaya akan vitamin C baik untuk kekebalan tubuh.

  2. Blueberry, mengandung aspirin yang dapat membantu menurunkan demam dan mengurangi rasa nyeri dan sakit.

  3. Wortel, mengandung beta-karoten.

  4. Cabai, membantu memecah lendir dalam paru-paru dan memecah sinus.

  5. Bawang, mengandung phytochemical berguna untuk melawan infeksi.

  6. Teh hijau dan hitam, berisi zat catechin, dan fitokimia yang merupakan antibiotik alami.


Di atas tersebut merupakan cara mengobati flu dan batuk pilek secara alami. Namun jika terjadi kondisi lebih serius segera hubungi dokter.