Cara Pengobatan TBC yang Tepat Bisa Menyembuhkan

Cara Pengobatan TBC yang Tepat Bisa Menyembuhkan - Bagaimanakah cara pengobatan tbc yang benar? Sebelumnya mari kita paparkan terlebih dahulu definisi TBC tersebut. Tuberkulosis adalah infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis (dan kadang-kadang varian lain dari Mycobacterium). Ini biasanya melibatkan paru-paru, tetapi organ tubuh lainnya juga dapat terlibat.
Pengobatan TBC

TB disebabkan oleh kuman yang ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan udara. Biasanya infeksi ini ditularkan akibat kontak sangat dekat, sehingga anggota keluarga dari orang yang terinfeksi akan terancam jika seseorang terus hidup di rumah yang sama dan belum menjalani pengobatan TBC yang tepat. (Keluarga harus mengambil tindakan pencegahan berobat ke dokter dan mendapatkan tes kulit.)

Proses Pengobatan TBC


Jika pengobatan tuberkulosis diberikan dalam cara yang benar serta tepat waktu, dapat menyembuhkan tuberkulosis. Pengobatan terdiri dari minum antibiotik yang berbeda untuk membantu tubuh membunuh semua bakteri tuberkulosis. Seiring dengan penggunaan obat, orang yang memiliki TB aktif harus tinggal di rumah dan untuk sementera sebeaiknya tidak beaktifitas diluar rumah seperti pergi ke sekolah atau bekerja. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

Pengobatan TB yang sukses tergantung pada kemauan besar untuk sembuh pada pasien dan penyedia layanan kesehatan. Dalam kebanyakan kasus, pengobatan yang tepat dengan antibiotik yang tepat dalam jumlah dan waktu yang tepat akan menyembuhkan tuberkulosis (TB).

Proses atau lamanya pengobatan biasanya berlangsung setidaknya 6 bulan, dan kadang-kadang selama 12 bulan tergantung kepada kondisi si penderita. Hal ini karena ada banyak bakteri yang perlu dibunuh. Pengobatan juga melibatkan mengambil antibiotik yang berbeda. Mengkonsumsi beberapa obat yang dianjurkan oleh dokter akan mempermudah dalam membunuh semua bakteri dan mencegah mereka dari menjadi resisten terhadap obat. TB pada anak sering terjadi dengan penyakit masa kanak-kanak. Sebuah tes kulit yang sederhana bisa digunakan untuk mendeteksi orang yang telah atau terinfeksi kuman TB. Mereka yang telah terinfeksi akan memiliki reaksi di mana kulit menjadi bengkak.

Obat Yang Sering Digunakan dalam Pengobatan TBC


Jika Anda telah terjangkit tuberkulosis, Anda mungkin perlu untuk mengambil hanya satu jenis obat TB. TB aktif, terutama jika itu adalah virus yang tahan obat, akan memerlukan beberapa obat sekaligus. Obat-obatan yang paling umum digunakan untuk mengobati tuberkulosis meliputi:

  • Isoniazid

  • Rifampisin (Rifadin, Rimactane)

  • Etambutol (Myambutol)

  • Pirazinamid


Efek Samping Pengobatan TBC


Efek samping yang tidak umum namun dapat berakibat serius pada pasien. Hampir seluaruh obat TBC dapat sangat beracun untuk hati Anda. Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan ini, kemudian Anda mengalami salah satu dari berikut segera hubungi dokter:

  • Mual atau muntah

  • Kehilangan nafsu makan

  • Sebuah warna kuning pada kulit Anda (jaundice)

  • gelap urin

  • Demam yang berlangsung tiga hari atau lebih serta tidak memiliki penyebab yang jelas


Memiliki penyakit TB aktif bukan berarti anda berhenti Anda dari menjalani hidup normal. Ketika Anda sudah merasa sembuh total atau telah sembuh dari penyakit ini sesuai dengan diagnosis dokter, maka Anda dapat hidup normal seperti semula ketika belum menderita TBC. Obat yang dipergunakan sebagai bagian dari pengobatan untuk TBC tidak boleh mempengaruhi kekuatan, fungsi seksual, atau kemampuan dalam bekerja. Jika Anda mengkonsumsil obat pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter atau perawat, agar mereka bisa menganjurkan obat yang mampu membunuh semua bakteri tuberkulosis. Dengan pengobatan TBC ini akan membuat Anda terhindar dari sakit lagi.