Faktor Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Faktor Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang – Salah satu jenis sakit kepala yang juga banyak dialami masyarakat adalah sakit kepala bagian belakang, yang mana penyakit ini bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya gejala penyakit lain yang ada pada tubuh seseorang. Memang sih, kebanyakan dari keluhan penyakit ini tidaklah terlalu membahayakan, namun Anda tidaklah boleh mengabaikannya begitu saja, dan alangkah lebih baik lagi jika Anda segera melakukan tindakan cepat untuk mengatasinya. Sebelum Anda mengatasinya lebih jauh, Anda tentunya pun harus mengetahui terlebih dahulu beberapa hal yang melatar belakangi terjadinya sakit kepala bagian belakang ini.

Sakit Kepala Bagian Belakang
Faktor Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Faktor Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang.

Pada intinya, jenis sakit kepala dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang timbul yang mana penyebabnya bukanlah dari kondisi yang mendasari terjadinya sakit kepala itu sendiri, sedangkan sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh kondisi kesehatan yang sedang dialami oleh penderitanya.

Berikut merupakan beberapa penyebab terjadinya sakit kepala bagian belakang yang penting untuk Anda ketahui, supaya Anda dapat melakukan penanganan secara cepat dan tepat, sehingga keluhan sakit ini tidak menjadi masalah yang berkepanjangan dan lebih serius.

Penyebab sakit kepala bagian belakang.

  • Sakit kepala cervicogenic.

Sakit kepala cervicogenic ini terjadi disebabkan karena gangguan pada bagian leher dan tergolong dalam jenis sakit kepala sekunder. Pada gangguan sakit kepala ini dapat diklasifikasikan menjadi sakit kepala myogenic dan atau juga vertebrogenic. Seperti namanya, bahwa sakit kepala vertebrogenic disebabkan karena pada sendi tulang belakang leher mengalami disfungsional. Sedangkan untuk sakit kepala myogenic disebabkan karena adanya ketegangan pada otot-otot bagian leher. Sakit kepala bagian belakang dapat juga disebabkan karena stress, postur tubuh, dan juga gangguan tulang belakang.

  • Ketegangan.

Sakit kepala bagian belakang seringkali muncul ketika otot-otot pada bagian leher atau pundak terasa begitu kaku. Kekencangan atau kekakuan otot ini bisa jadi dikarenakan beberapa hal, diantaranya seperti karena terjadinya stress, posisi tidur salah, kurang tidur, kecemasan, sakit gigi dan lain-lain.
Setelah Anda mengerti dan memahami beberapa faktor penyebab gangguan kepala, Anda pun tentunya dan seharusnya dapat melakukan langkah tepat dan cepat untuk mengatasi atau bahkan menghindarinya. Yang biasa terjadi pada penderita sakit kepala bagian belakang ini gejalanya terlebih dahulu diawali dengan keluhan rasa tidak enak di bagian belakang kepala dan bahkan ada pula yang sampai menyebar ke bagian depan atau justru juga malah menyebar ke bagian tulang belakang. Hal ini tentu akan membuat penderitanya kurang nyaman dalam melakukan segala aktivitasnya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mengatasinya dengan menghindari munculnya stress, melakukan banyak istirahat, olahraga dan ketika terjadi sakit kepala terlalu berlebih, Anda dapat melakukan pemeriksaan medis sehingga analisa dan kesimpulanya lebih akurat. Karena pada beberapa kasus yang terjadi, sakit kepala seperti ini juga dapat muncul karena adanya suatu penyakit yang serius dan membahayakan, misalnya tumor.

Nah, itulah beberapa uraian mengenai sakit kepala bagian belakang yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi bahan referensi bagi Anda khususnya yang sering mengalami gangguan sakit pada kepala bagian belakang.

Leave a Reply