Kenali 16 Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan

Kenali Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan – Setiap orang pasti pernah mengalami rambut rontok, baik wanita maupun pria. Pasalnya dalam sehari seseorang mampu menghilangkan 50 hingga 100 helai rambut per harinya. Hal tersebut merupakan sesuatu hal yang wajar dan normal bagi kesehatan rambut . Akan tetapi, jika berlebihan biasanya ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan rambut.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

Pada pria kerontokan rambut akan dipengaruhi hormon testosteron, sedangkan untuk wanita adanya hormon kehamilan atau menopause. Terlepas dari itu, rambut rontok umumnya akibat seringnya perawatan salon, seperti meluruskan rambut permanen atau mewarnai rambut. Namun, jika rambut rontok anda terjadi sebelum melakuan perawatan. Lantas, apa penyebabnya? Yuk, kenali penyebab kerontokan rambut hanya di bawah ini.

Kenali Penyebab Rambut Rontok Sebelum Melakukan Perawatan

1.Faktor Genetika

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa dari 60% seseorang yang mewarisi masalah rambut rontok akut. Namun, tidak ada perawatan yang mampu menyembuhkan kerontokan rambut karena faktor keturunan atau genetika tersebut. Hal ini dikarenakan faktor genetika merupakan penyebab utama dari rontoknya sebuah rambut. Sebagai contoh Alopesia areata. Jenis kerontokan ini menyebabkan pitak yang terjadi pada remaja. Tetapi sebagian besar rambut penderitanya akan kembali tumbuh setelah satu tahun.

2. Adanya Stres

Stres akibat gaya hidup modern bisa jadi akibat tekanan psikologis, yang ditandai dengan rambut semakin menipis di bagian kulit kepala. Namun, hal tersebut tidak pasti akan terjadi kebotakan. Hanya saja kerontokan rambut lebih cenderung berkurang berkelanjutan dan tanpa harus penanganan medis khusus. Dengan kata lain sel-sel kulit kepala juga membutuhkan sebuah relaksasi atau peremajaan sama halnya pada sel-sel tubuh lainnya. Untuk itu, lakukan kegiatan anda dengan perasaan menyenangkan.

3. Pola Makan Buruk

Pola makan buruk yang tidak sesuai dengan asupan gizi yang baik, maka akan menimbulkan resiko helai rambut pada kulit kepala anda menjadi lebih rapuh dan semakin menipis. Selain itu, jika seseoarng mengonsumsi makanan yang rendah protein demi program diet, kemungkinan akan menyebabkan beberapa masalah rambut lainnya. Sehingga rambut akan kekurangan banyak nutrisi. Seharusnya tambahkan asupan makanan yang mengandung vitamin ataupun mineral.

4. Pengaruh Penyakit

Akibat sebuah penyakit tertentu juga mampu menyebabkan kerontokan rambut. Biasanya penyakit atau sakit tersebut karena berkepanjangan dengan waktu yang lama. Sehingga hal itu rambut akan menjadi rontok. Adapun penyakit yang dapat membuat rambut terasa lebih rontok, yakni infeksi jamur pada kulit kepalaatau kurap, typus, artritis, depresi, gangguan jantung, serta hipertensi. Namun, terkadang dari penyakit tersebut faktor utamanya akibat pemakaian dari obat-obatan yang diminum dari penderita penyakit.

5. Pengaruh Kemoterapi

Selain pengaruh penyakit adapula pengaruh kemoterapi yang menjadikan kerontokan rambut secara berlebih. Umumnya akan berdampak secara menyeluruh, seperti kulit kepala, tubuh bahkan wajah. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karean tidak bersifat permanen dan kemungkinan rambut akan dapat tumbuh kembali. Hanya saja pertumbuhan rambut tersebut butuh beberapa bulan atau setelah berhenti kemoterapi.

Semoga anda memahami dari beberapa yang harus dikenali dari penyebab rambut rontok sebelum melakukan sebuah perawatan. Untuk itu, perhatikan setiap kerontokan yang terjadi pada rambut.

Leave a Reply